KUNJUNGAN KEPALA DINAS PARIWISATA KOTA BALIKPAPAN

Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir. Tri Bowo Budi Santoso M.M, menerima kunjungan Kepala Dinas Olah Raga budaya dan Pariwisata kota Balikpapan ibu Oemy pacessly. Acara penerimaan berlangsung di Pantai Indah Angkasa Lanud Balikpapan, Rabu (23/7).

Kunjungan Kepala Dinas Olah Raga budaya dan Pariwisata kota Balikpapan ke Lanud Balikpapan dalam rangka meninjau Pantai Indah Angkasa sebagai pantai dan tempat rekreasi alternatif guna menunjang pemda kota Balikpapan dalam rangka menghadapi liburan hari raya idul fitri, yang mana setiap tahun selalu saja mengalami peningkatan pengunjung ke daerah wisata di sekitar kota Balikpapan.

Kepala Dinas sangat senang dan bangga melihat hasil kreasi dan inovasi Danlanud yang telah memanfaatkan barang-barang bekas antara lain perahu-perahu bekas menjadi meja dan kayu glondongan yang terbawa di sekitar pantai lanud menjadi meja dan kursi serta ban-ban bekas menjadi ayunan untuk menunjang fasilitas permainan anak-anak.

Pembangunan Pantai Indah Angkasa ini merupakan ide dan kreasi dari Danlanud, yang pelaksanaannya bertujuan membangkitkan inspirasi para perwira muda dan anggota dimana memanfaatkan barang-barang terbuang disekitar pantai dan halaman lanud kemudian di kembangkan dengan sentuhan seni menjadi produk yang bernilai seni.

Danlanud berkata “ kalau harus beli semua orang bisa, tapi bagaimana kita berkreasi, berinovasi agar yang menurut orang tidak terpakai/terbuang dengan inovasi dan kreasi sedikit bisa di jadikan barang yang berguna dan bernilai seni, sehigga anggota terpicu untuk mengembangkan kreasinya dimanapun berada dan bertugas “

Harapan kedepan pantai Lanud Balikpapan dapat di jadikan alternatif salah satu obyek wisata andalan yang ada di wilayah kota Balikpapan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggota Lanud.

 

DANLANUD BALIKPAPAN MENYERAHKAN ZAKAT FITRAH DAN BINGKISAN LEBARAN

Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, , menyerahkan secara simbolis bingkisan lebaran, dan Zakat fitrah kepada perwakilan perwira, bintara serta pns Lanud Balikpapan saat apel khusus dilapangan apel Lanud Balikpapan.Rabu(23/7)

Apel khusus diikuti oleh seluruh pejabat Lanud Balikpapan, Perwira, Bintara, Tamtama serta Pns Lanud Balikpapan. Sebanyak 300 lebih bingkisan telah di persiapkan untuk di bagikan kepada personel Lanud Balikpapan serta juga di bagikan untuk para tenaga honorer

Danlanud  mengatakan pembagian bingkisan ini merupakan bentuk kepedulian kita dalam rangka menyambut datangnya lebaran tahun 2014, serta wujud rasa terima kasih dan apresiasi terhadap personel Lanud Balikpapan karena kinerjanya selama ini  kewajiban membayar zakat fitrah dimaksudkan untuk menyempurnakan ibadah puasa yang telah kita laksanakan, dan berharap agar zakat fitrah yang terkumpul dari warga Lanud benar-benar disalurkan kepada mereka yang berhak menerimanya dan tepat sasaran.

Kemudian Danlanud berpesan kepada seluruh personel Lanud Balikpapan yang akan melaksanakan cuti lebaran agar senantiasa memperhatikan faktor keselamatan dan keamanan selama dalam perjalanan pulang ke kampung halaman masing-masing.

BUKA PUASA BERSAMA DAN PERESMIAN PANTAI INDAH ANGKASA LANUD BALIKPAPAN

Bertempat di Pantai Indah Angkasa (PIA) komplek TNI AU Lanud Balikpapan, Komandan Lanud Balikpapan Kolonel PNB Ir. Tri Bowo Budisantoso M.M dan ibu melaksanakan acara buka puasa bersama dan peresmian Pantai Indah Angkasa Lanud Balikpapan yang dihadiri seluruh anggota Lanud beserta keluarganya. Minggu ( 13/7).

Dalam sambutannya Komandan menyampaikan bahwa, Ramadhan penuh dengan pesan pendidikan dan gemblengan yang sangat relevan dengan kehidupan kita agar menjadi manusia yang berpribadi sempurna dalam segala kehidupan. Ramadhan merupakan bulan suci untuk mendapatkan rakhmat, hidayah dan pengampunan dari Allah SWT. Selama kurang lebih 11 bulan yang lalu di dalam perjalanan hidup kita, pasti mengalami atau melakukan kesalahan, maka di bulan Ramadhan ini kita diberi kesempatan untuk membangun dan membersihkan jiwa kita dengan memohon ampunan dari Allah SWT. Disamping kita membersihkan dosa dengan saling memaafkan dan menjalin silaturahmi seperti acara buka puasa pada malam hari ini,

Di samping itu komandan juga menjelaskan peresmian Pantai Indah Angkasa, bertujuan agar kedepannya bisa meningkatkan kesejahteraan dan mempererat tali kekeluargaan bagi anggota Lanud. Pembuatan tempat rekreasi ini merupakan ide dari komandan Lanud, dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai yang ada di sekitar pantai seperti batang pohon yg di manfaatkan menjadi meja dan kursi, ban bekas yang di sulap menjadi meja serta perahu bekas yang di modifikasi sehingga dapat menjadi sebuah meja yang unik.

Di sekitar pantai indah angkasa juga di bangun 2 buah saung yang di beri nama Saung Inspirasi dan Saung Kreasi, rencana kedepan juga akan di bangun 2 buah saung untuk melengkapi 4 buah saung sesuai rencana. Pembangunan tempat rekreasi bagi warga Lanud dan masyarakat yang ada di sekitar Lanud Balikpapan merupakan hasil dari kreasi dan inspirasi komandan.

Sementara penceramah Ustad H. Fathurrahman  menjelaskan tentang hikmah Ramadhan dimana puasa diharapakan mampu mendorong seseorang untuk senantiasa mengoreksi diri dan meningkatkan kualitas diri secara terus menerus, sehingga benar-benar mampu menbentuk karakter yang bertanggung jawab serta dapat melaksanakan kewajiban dengan benar serta menjauhi larangn-Nya.

Ceramah diakhiri setelah waktu Magrib tiba dan para undangan menuju tempat yang telah disediakan untuk membatalkan puasa kemudian dilanjutkan dengan Solat Magrib. Usai solat magrib para undangan melanjutkan makan bersama.

PELEBARAN KOLAM PANCING LANUD BALIKPAPAN

Lahan yang ada di Lanud Balikpapan banyak sekali yang masih kosong, lahan yang kosong sedikit demi sedikit pemanfaatannya sudah banyak dirasakan oleh seluruh anggota Lanud Balikpapan, seperti kolam lele, kebun pepaya, kolam pancing,  dan pada Bulan Suci  Ramadhan tahun ini   Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M dan jajarannya berusaha memperpanjang kolam pancing  supaya seluruh anggota Lanud Balikpapan dan keluarga dapat merasakan dan menyalurkan hoby dengan memancing, Senin(30/6).

Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M menyampaikan pesan dan himbauannya kepada seluruh anggota Lanud Balikpapan pelebaran kolam pancing ini tidak semata untuk kepentingan saya pribadi, tapi ini semua saya lakukan untuk kepentingan dan kesejahteraan seluruh anggota Lanud Balikpapan dan keluarga, oleh sebab itu mari kita jaga bersama-sama aset ini semua, karena  kolam pancing ini merupakan aset kita  semua seluruh anggota Lanud Balikpapan, tegas Danlanud..

Pelebaran kolam pancing disaksikan oleh Komandan Lanud Balikpapan,  seluruh pejabat Lanud Balikpapan, anggota Lanud Balikpapan dan pelebaran kolam pancing ini akan memakan waktu selama tiga sampai empat  hari.

BERSIHKAN DIRI DAN JIWA KITA DENGAN BERPUASA DIBULAN SUCI RAMADHAN

Upacara Mingguan yang rutin dilaksanakan di Lanud Balikpapan, pada minggu terakhir kali ini bertepatan dengan hari kedua Bulan Suci  Ramadhan di Tahun 2014, Upacara Mingguan langsung dipimpin Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M,  selaku  Inspektur  Upacara  dan Komandan Upacara Kapten Lek Ugiek Seto bertempat diLapangan Apel Lanud Balikpapan, Senin(30/6).

Kegiatan Upacara Bendera Mingguan   diikuti oleh seluruh Personel Lanud Balikpapan dari Perwira , Bintara ,Tamtama serta Pns Lanud Balikpapan.

Dalam arahannya  Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santos,M.M,  mengucapan selamat menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan  kepada seluruh anggota Lanud Balikpapan yang menjalankannya,  semoga seluruh anggota Lanud  dapat  menjalankannya dan melaksanakannya dengan baik dan lancar,, karena diBulan Suci Ramadhan ini kita bisa bersama-sama mencari pahala sebanyak-banyaknya dan  kita semua bisa di bersihkan dari dosa-dosa yang telah kita perbuat dan kita lakukan diwaktu dulu, dan  yang tidak berpuasa saya menghimbau supaya saling menghargai sesama anggota yang berpuasa,  kedua tingkatkan keamanan dilingkungan Lanud Balikpapan diBulan Suci Ramadhan ini, serta selalu jaga terus kebersihan dilingkungan Lanud Balikpapan dikantor ataupun dirumah dinas  walaupun sedang berpuasa.

Kemudian  Danlanud menghimbau  kepada seluruh Personel Lanud  Balikpapan untuk tetap meningkatkan kedisiplinan baik disiplin diri sendiri maupun disiplin seluruh Personel Lanud Balikpapan agar tetap menjunjung tinggi kekompakan antar sesama personel Lanud balikpapan.

PANTAI TEMPAT INSPIRASI DANLANUD

Pangkalan TNI Angkatan Udara Balikpapan mempunyai pantai yang sangat indah  dan nyaman untuk tempat liburan dan rekreasi bagi anggota Lanud Balikpapan dan keluarga serta masyarakat sekitarnya. Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi santoso,M.M,  dan jajarannya  melihat keindahan pantai itu langsung terinspirasi untuk membuat tempat rekreasi dipinggir pantai Lanud Balikpapan untuk kepentingan Anggota Lanud Balikpapn dan keluarga serta masyarakat disekitar Lanud Balikpapan, Senin(23/6).

Pantai yang terletak diarea Lanud Balikpapan ini menawarkan keindahan dengan cirri khas  Kota Balikpapan yaitu  pasir putih yang  lembut seperti tepung dan oleh Komandan Lanud Balikpapan ditambahkan lagi tempat rekreasinya yaitu saung-saung tempat orang berteduh sambil melihat pemandangan pantai, Volly Pantai serta tempat permainan anak-anak itu semuanya terbuat dari kayu khas Kalimantan.

Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M,  berpesan setelah dibuat tempat rekreasi  dan permainan anak-anak ini tolong dijaga dan dirawat karena semuanya untuk kepentingan warga Lanud Balikpapan dan masyarakat sekitar Lanud Balikpapan.

UPACARA MINNGUAN DILANUD BALIKPAPAN DIBAWAH RINTIKAN HUJAN

Dengan cuaca yang kurang mendukung dan rintikan hujan Upacara Mingguan yang rutin dilaksanakan di Lanud Balikpapan tetap dilaksanakan, Bertempat dilapangan Apel Mako Lanud Balikpapan, Senin(23/6).

Selaku Inspektur Upacara Kepala Dinas Personel Lanud Balikpapan Letkol Adm Drs.Moeghlisin,M,Si, dan Komandan Upacara Kapten Lek Dedi,S.T. Kegiatan Upacara ini diikuti oleh seluruh Personel Lanud Balikpapan yang terdiri dari lima  pleton yakni satu Pleton Pamen, Perwira, Bintara , Tamtama serta Pleton Pns Lanud Balikpapan.

Dalam arahannya Kepala Dinas Personel Lanud Balikpapan mengucapkan terima kasih kepada seluruh Personel Lanud Balikpapan atas pelaksanaan tugasnya diminggu kemarin yang dapat terlaksana dengan baik dan  maksimal serta berjalan dengan lancar dan sukses.  Dilanjutkan, untuk seluruh Personel Lanud Balikpapan, baik Perwira maupun Anggota agar tetap menjaga kekompakan dalam melaksanakan tugas kedinasan, maupun Non dinas, dan tetap selalu jaga kebersihan,  jaga kesehatan, serta jaga stamina karena sebentar lagi akan menghadapi Bulan Suci Ramadhan bagi Umat Islam dan akan melaksanakan puasa.

SENAM AEROBIC DAN GOYANG MORENA DI PANTAI LANUD BALIKPAPAN

Dengan dipandu oleh tiga orang instruktur senam, seluruh personel Lanud Balikpapan serta masyarakat sekitar Lanud Balikpapan mengikuti olah raga senam Aerobic dan Goyang Moreno bersama yang dilaksanakan di Pantai Lanud Balikpapan, Minggu(22/6).

Senam Aerobic ini turut diikuti Kepala Dinas Personel Lanud Balikpapan Letkol Adm Drs,Moechlisin,M.Si, pejabat Lanud Balikpapan, seluruh personel Lanud Balikpapan, anggota Satrad 223, dan masyarakat dilingkungan Lanud Balikpapan.

Seluruh peserta senam terlihat bersorak-sorak sambil mengikuti gerakan dari para pemandu senam. Suasana lebih bertambah meriah saat memulai senam ala Syahrini “Goyang Morena”, Terlihat semua peserta antusias dan sangat atraktif dalam melakukan gerakan-gerakan yang dituntun oleh ketiga instruktur. Meskipun gerakannya masih belum teratur namun secara umum gerakan “goyang morena” relatif mudah untuk diikuti dan goyangannya memang seru dan asyik ditambah lagi paduan musik yang bagus membuat suasana menjadi seru dan menambah semangat seluruh personel Lanud Balikpapan mengikuti senam Aerobic dan  goyang moreno ini sampai selesai.

DANLANUD BALIKPAPAN SAMBUT KEDATANGAN WAKIL PRESIDEN RI

Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M di damping  Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 11/D,II Lanud Balikpapan Ny.Dr.Ira Puspitawati Tri Bowo, bersama dengan Gubernur Kaltim dan para Unsur  Muspida. menyambut kedatangan Wakil Presiden RI Prof Dr Budiono di apron Bandara Internasional Sepinggan, Kamis(19/6).

Wapres beserta  rombongan tiba  di Bandara Udara Internasional Sepinggan Balikpapan pada pukul 09.30 Wita dengan menggunakan pesawat Boeing 737-400 TNI Angkatan Udara dengan tail number A.7305 dengan kapten pilot Letkol Pnb Ali Gusman. Wapres RI  didampingi Ibu Hj.Herawati Budiono  beserta rombongan transit sejenak di VIP  Bandara Sepinggan  sebelum melanjutkan kegiatan lawatannya Ke Samarinda dalam rangka  Pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XVI Tahun 2014.

LATIHAN PHH DILANUD BALIKPAPAN

Pangkalan TNI Angkatan Udara Balikpapan melaksanakan latihan PHH bertempat di depan Mako Lanud Balikpapan di ikuti seluruh anggota Bintara dan Tamtama. Latihan PHH ini adalah salah satu program kerja dari Opslat Disops Lanud Balikpapan Seperti yang dikatakan Kasi Kamhanlan Lanud Balikpapan Mayor Psk Undang sekaligus pengendali latihan yang mana latihan ini telah terprogram,Selasa(17/6).

Pada kesempatan itu Komandan Lanud Balikpapan yang diwakilkan Kasubsi Opslat Kapten Lek Mulyono mengatakan, maksud dan tujuan latihan ini adalah untuk merifresh kembali kepada personel Lanud Balikpapan tetang perlunya latihan PHH serta dapat melatih kemampuan masing-masing individu dan kelompok, apabila sewaktu-waktu terjadi pada kejadian sebenarnya, dan diharapkan dalam latihan ini seluruh anggota yang mengikuti agar dapat melaksanakan dengan serius sesuai dengan instruksi dari para pelatih.

Dalam latihan PHH itu anggota Lanud Balikpapan dilatih oleh anggota Batalyon 466 Paskhas Makasar yang mana pelatih-pelatih ini memberikan materi latihan PHH diantaranya, sikap dasar, sikap berjalan, formasi bersaf, formasi beregu, formasi paroh lembing dan formasi melintang kanan dan melintang kiri dan diakhiri dengan latihan berhadapan langsung sama pendemo yang diperankan oleh anggota Paskhas 466 Makasar