CERAMAH SOSIALISASI HUKUM DI LANUD BALIKPAPAN

Tim sosialisasi dari Dinas Hukum Angkatan Udara (DISKUMAU) mengadakan ceramah sosialisasi hukum, yang diikuti oleh personel Lanud Balikpapan dan Satrad 223 Balikpapan di Gedung Serbaguna Lanud Balikpapan, Kamis ( 23/10).
Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Operasi Lanud Balikpapan Letkol Lek Tribudyanto mengatakan bahwa dalam menyikapi masih banyaknya pelanggaran hukum yang dilakukan oleh personel TNI AU baik yang dilakukan di dalam kedinasan maupun didalam lingkungan keluarga dan masyarakat, sehingga dampaknya dapat merugikan dirinya sendiri, keluarga maupun satuan kerja. Untuk itu sebagai salah satu upaya meminimalisir terjadinya pelanggaran hukum, kesadaran dan kepatuhan terhadap norma hukum, Danlanud Balkpapan berharap kepada personel Lanud Balikpapan, dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya serta memperhatikan dan mengikuti dengan penuh kesungguhan,tentang ceramah sosialisasi hukum yang disampaikan tim dari Diskumau.
Sementara itu dalam sosialisasinya tim yang diketuai oleh Letkol.Sus Bambang Widarto,S.H.M.H, PS.Kasubdiskumdira, menyampaikan empat materi ceramah, diantaranya tentang Ceramah pertama, hukum Udara dan Dirgantara, disampaikan oleh Letkol.Sus Bambang Widarto,S.H, M.H, kedua tentang Bankum yang disampaikan oleh Letkol.Sus Bambang,S.S.H, ketiga hukum Dargakkum oleh Mayor.Sus Yohanes,AS.S.H, dan Materi keempat hukum perundang-undangan oleh Mayor.Sus Bambang P.Putra,S.H,M.H, tentang kasus-kasus yang menonjol yang terjadi menurut peringkat diantaranya kasus disersi/mangkir diurutan pertama, kasus narkoba menempati urutan kedua, kasus asusila urutan ketiga dan urutan terakhir yaitu kasus KDRT. Selesai ceramah sosialisai hukum Ketua Tim menyerahkan buku-buku tentang hukum ruang Angkasa, buku perundang-undangan serta buku Konverensi Jenewa 1994 diserahkan langsung kepada Kadisops Lanud Balikpapan.

GAKTIB DALAM RANGKA HUT POMAU KE-68 DI LANUD BALIKPAPAN

Dalam rangka menertibkan dan meningkatkan kedisiplinan anggota memang harus dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan, karena hanya dengan cara itulah, maka langkah antisipatif dalam rangka menekan angka pelanggaran disiplin maupun hukum dapat secara dini dilakukan. Sehubungan hal tersebut Komandan Satpomau Lanud Balikpapan Mayor Pom Karyanto, melaksanakan Penegakan Ketertiban (Gaktib) terhadap personel Lanud Balikpapan dan Satrad 223, serta masyarakat sekitar lanud Balikpapan, Rabu (22/10).
Dalam pemeriksaan tersebut, selain memeriksa kelengkapan identitas diri anggota Lanud Balikpapan , berupa Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Pegenal (KTP) termasuk kelengkapan berkendaraan berupa SIM dan STNK, juga kondisi fisik kendaraan seperti kaca spion, lampu sen dan lain-lainnya.
Menurut Komandan Satpomau Lanud Balikpapan, Mayor Pom Karyanto, Gaktib dilaksanakan selain dalam rangka HUT ke-68 POMAU juga untuk mengurangi pelanggaran hukum, baik yang dilakukan militer, ataupun PNS yang bertugas di Lanud Balikpapan , sekaligus juga untuk mengetahui tingkat kedisiplinan anggota, sehingga diharapkan sikap disiplin dapat dijiwai dan diaplikasikan didalam pelaksanaan tugas sehari-hari serta diharapkan tidak ada satpun personel Lanud Balikpapan yang melanggar hukum. Gabtib harus terus menerus dilakukan karena kedisiplinan berlalu lintas dan melengkapi diri dengan surat identitas menjadi hal yang wajib dipenuhi bagi setiap anggota Lanud Balikpapan, sehingga nantinya bisa menjadi teladan bagi lingkungan sekitarnya, ujarnya.

WARGA LANUD BALIKPAPAN HARDIRI SHOLAT ISTIQA

Warga Muslim Lanud Balikpapan , Kamis (16/10), menghadiri Acara sholat Istiqa yang digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Balikpapan, acara tersebut dilaksanakan dilapangan merdeka kota Balikpapan dan dihadiri Wakil Gubernur Kaltim , Walikota Balikpapan Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso M.M , sejumlah Pejabat TNI, POLRI, Ketua MUI kota Balikpapan, tokoh masyarakat, Muspida kota Balikpapan, serta masyarakat Muslim dan anak-anak sekolah dilingkungan kota Balikpapan.
Acara diawali dengan sambutan Walikota Balikpapan H. Rizal Efendi S.E dalam sambutannya Menyampaikan di selengarakannya sholat Istiqa ini berdasarkan pertimbangan bahwa hingga saat ini di Kota Balikpapan dan sekitarnya belum tercurah hujan, sehingga berdampak kekeringan dimana-mana dan kondisi penampungan air di beberapa tempat penampungan semakin menyusut.. Dengan kondisi kekurangan air tersebut.walikota Balikpapan mengingatkan agar masyarakat utuk mepergunakan air bersih dengan sebaik-baiknya.
Setelah pelaksanaan sholat istiqa dilanjutkan, siraman rohani oleh K.H.Sarwani Syukur dan diakhiri dengan doa bersama . Dalam tausiyahnya penceramah mengulas tentang Sholat Istiqa (Sholat Minta Hujan) adalah sholat dua rakaat yang dikerjakan untuk memohon hujan. Secara Harfiah, “istisqa’” bermaksud meminta siraman air dengan berdoa dan ikhtiar, umat Islam sangat dianjurkan untuk melakukan doa dan shalat istisqa. Umat Islam juga diperintahkan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan (melaksanakan amal ma’ruf dan mencegah kemungkaran). Menurutnya, tugas manusia dalam hidup sebenarnya hanya dua, yakni doa dan ikhtiar. Doa untuk memohon petunjuk dan pertolongan Allah SWT, agar mampu menjalani hidup dengan benar dan diridhai-Nya, serta ikhtiar atau berusaha seoptimal mungkin sesuai dengan tuntunan-Nya.

CERAMAH SOSIALISASI BUJUKNIS TNI AU TENTANG OPERASI SAR PADA MASA DAMAI DI LANUD BALIKPAPAN

Sosialisasi Lambangja tentang pengetahuan mengenai operasi SAR pada masa damai sangatlah penting, serta merupakan bekal bagi seluruh personel di jajaran TNI AU dalam melaksanakan tugas pokok TNI AU dimasa mendatang serta merupakan suatu tujuan yang dapat dicapai dalam suatu dekade bila didukung dengan program Safety/Lambangja secara berkelanjutan. Berkaitan dengan hal tersebut, sesuai peraturan Kasau nomor Per Kasau/98/X/2012 tanggal 8 Oktober 2012 tentang Bujuknis TNI AU tentang Operasi SAR Pada Masa Damai, Kasibin Opslatsarval Dislambangjaau Letkol Psk J.C. Rosidin memberikan sosialisasi Bujuknis TNI AU tentang Operasi SAR Pada Masa Damai kepada seluruh personel Lanud Balikpapan di ruang Serba Guna Lanud Balikpapan, Rabu ( 15/10 ).
Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso M.M dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Personil Letkol Adm Drs.Moechlisin,M.Si, mengungkapkan bahwa kecelakaan penerbangan dan kerja telah menimbulkan kerugian yang tidak sedikit di bidang peralatan atau materiil keselamatan penerbangan dan kerja adalah terpeliharanya dan meningkatnya potensi tempur TNI melalui pembinaan terhadap unsur-unsur personel materiil, media, misi dan manajemen,” tandasnya. Pada kesempatan itu, Danlanud melaporkan, bahwa pada saat ini walaupun dengan peralatan yang sangat minim katanya, Lanud Balikpapan siap untuk melaksanakan kegiatan SAR apabila dibutuhkan, sesuai dengan kebijakan yang telah digariskan pimpinan.
Adapun maksud diselenggarakannnya sosialisasi ini, menurut Letkol Psk J.C. Rosidin adalah untuk memberikan pedoman dalam operasi SAR pada masa damai di Lanud jajaran TNI AU, dengan tujuan mendapatkan pola pikir dan pola tindak dalam pelaksanaan operasi SAR pada masa damai di Lanud jajaran TNI AU dan selanjutnya ditampung untuk menuju kesimpulan yang sama Balikpapan,

PENTINGNYA KESEHATAN BAGI PRAJURIT DAN PNS

Rumah Sakit Lanud Balikpapan melaksanakan pemeriksaan kesehatan secara berkala bagi, seluruh personil Militer dan PNS dengan mengambil sample darah dan urine untuk diuji Laboratorium guna mengetahui secara dini kondisi kesehatannya. Selain uji Laboratorium juga Rontgen dan EKG (Elektrokardiografi) Selasa (14/10). Pentingnya akan kesehatan merupakan faktor utama bagi setiap prajurit dan PNS karenanya dengan tubuh yang sehat dapat menunjang dalam kedinasan sehari-hari..
Kesehatan sangat penting artinya bagi kehidupan setiap orang, karena semua aktivitas kehidupan tergantung pada kondisi tubuh yang sehat. Banyak orang akan selalu berusaha agar kondisi kesehatan tubuhnya tetap dalam kondisi optimal dan prima, namun tidak sedikit pula orang yang sama sekali atau bahkan bisa dikatakan kurang menghiraukannya. Kenyataan yang tidak dapat dihindari adalah kesehatan yang dimiliki seseorang saat ini tidak mungkin dapat bertahan selamanya. Gangguan kesehatan dapat timbul karena pola hidup, faktor makanan, pengaruh lingkungan atau karena faktor keluarga (keturunan),” terang Karumkit Lanud balikpapan dr. Markus Kaban
Kegiatan pemeriksaan kesehatan yang di laksanakan adalah untuk memantau secara rutin tingkat kesehatan personil militer maupun PNS Lanud Balikpapan . Selain dengan tes samapta yang dilaksanakan 1 kali setiap semester juga perlunya dilakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala kepada seluruh personil Militer dan PNS.Lanud Balikpapan, untuk pelaksanaannya dilakukan secara bergiliran setiap Triwulan.

PEMBUKAAN TMMD KE-93 TA. 2014 DI KOTA BALIKPAPAN

Kepala Dinas Operasi Lanud Balikpapan Letkol Lek Tri budiyanto, pimpin upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-93 Tahun 2014, bertempat dilapangan apel Kompi A Raider 600, Kamis (9/10). Pembukaan TMMD dihadiri oleh Sekertaris Walikota Balikpapan, Dandim Balikpapan, Kapolres Balikpapan, Palaksa Lanal, Danramil Balikpapan Utara serta Ibu-Ibu Persit KCK PD VI/Mulawarman, serta diikuti oleh perwakilan dari masing-masing instansi Militer yang ada diwilayah Balikpapan dan Polri.
Dalam sambutanya Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan oleh Kepala Dinas Operasi Lanud Balikpapan, menyampaikan bahwa program TMMD yang dilaksanakan oleh TNI ini diharapkan dapat mewadahi kepentingan dan aspirasi masyarakat yang berada di pedesaan melibatkan seluruh komponen masyarakat serta disusun dengan sistem Botton Up Planning. Selama ini program TMMD telah membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Melalui program TMMD secara berkesinambungan diharapkan akan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan Negara.
Pelaksanaan kegiatan TMMD ke-93 TA.2014 meliputi sasaran fisik diantarannya yaitu pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah sehingga semakin meningkatkan roda perekonomian daerah akibat terbukanya isolasi antar desa atau daerah terpencil. Untuk sasaran non fisik diarahkan untuk mendorong diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa, guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera dan mandiri. Hal tersebut sangat sejalan dengan tema TMMD ke-93 TA.2014 yaitu “ Dengan program TNI Manunggal Membangun Desa, TNI bersama-sama Polri, Kementrian, Lembaga Pemerintah Non Kementrian, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen Bangsa lainnya, kita optimalkan pembangunan dipedesaan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

SISWA PELATIHAN PERTANIAN MEMBUAT PUPUK KOMPOS UNTUK CAMPURAN TANAMAN

Bertempat diareal kolam lele Lanud Balikpapan para siswa pelatihan pertanian yang berjumlah 30 orang anggota Lanud Balikpapan, membuat pupuk kompos secara sederhanan untuk campuran tanaman supaya tanaman subur dan cepat berkembang, para siswa tersebut membuat langsung pupuk kompos hari ini sesuai pelajarannya yang telah diinstruksikan oleh pengajar dan Kepala Sekolah Pertanian Balikpapan Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, Kamis (9/10).
Pupuk memiliki peranan penting untuk kesuburan tanaman. Pupuk terbagi menjadi beberapa jenis, seperti pupuk kandang, pupuk kompos dan pupuk organik. Meski dari segi jenis jelas berbeda, namun pupuk memiliki peranan yang sama. Salah satu jenis pupuk yang banyak di manfaatkan oleh sebagian besar masyarakat adalah jenis pupuk kompos. Pupuk kompos merupakan salah satu jenis pupuk yang dibuat dengan cara menguraikan sisa tanaman dan hewan dengan bantuan organisme hidup, berupa mikroorganisme atau makroorganisme. Selain itu pupuk kompos juga dapat memanfaatkan sampah rumah tangga, sehingga dapat membantu juga untuk kebersihan lingkungan sekitar. Sehingga tidak hanya dapat menyuburkan tanaman, namun juga membantu tempat tinggal sekitar juga akan tampak bersih.

Para siswa pelatihan pertanian memperaktekan langsung pembuatan pupuk kompos diareal kolam lele Lanud Balikpapan, dan dipimpin oleh Kapten Lek Mulyono sebagai moderator para siswa pelatihan pertanian. Proses pembuatan pupuk kompos dengan menggunakan teknologi yang sederhana. Semua orang juga bisa membuat pupuk kompos, baik untuk skala pertanian maupun sekadar kebutuhan pekarangan. Pupuk kompos memiliki manfaat, seperti memperbaiki struktur tanah, zat makanan yang dibutuhkan oleh tumbuhan akan lebih tersedia, serta mikroba yang terdapat pada pupuk kompos akan membantu penyerapan zat makanan yang dibutuhkan oleh tanaman.

DANLANUD BALIKPAPAN PIMPIN UPACARA PERINGATAN HUT TNI KE-69 DI WILAYAH KALTIM

Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso MM bertindak selaku Inspektur Upacara pada peringatan ke-69 Hari TNI tahun 2014 di wilayah kaltim. Upacara dipusatkan di Lapangan Makodam VI Mulawarman, pada hari Selasa (7/10), Turut hadir Walikota Balikpapan, Ketua DPRD Prov Kaltim, Para Bupati/Walikota se Kalimantan Timur, Danlanal Balikpapan, para Pimpinan BUMN/Swata, serta tokoh Agama, masyarakat Pemuda Kaltim.
Dalam sambutan Panglima TNI yang di bacakan Danlanud Balikpapan, pada peringatan hari TNI ke-68 ini, TNI merefleksikan dan mengevaluasi hari jadinya untuk meningkatkan kualitas perannya sebagai komponen bangsa serta tugasnya sebagai unsure keamanan dan pertahanan Negara yang implementasinya di tujukan dengan ketaatan dan kebaikan bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara. Sesuai dengan tema pokok pada kegiatan HUT TNI ke-69 ini adalah “ TNI SEBAGAI PATRIOT SEJATI, PROFESIONAL DAN DICINTAI RAKYAT “. Berangkat dari tema tersebut, TNI ingin menunjukan bahwa TNI masih berada pada hakekat dirinya sebagai prajurit pejuang dan pejuang prajurit yang cinta Negara, cinta bangsa, cinta rakyat dan cinta kehidupan, yang makna kepatriotannya di tujukan untuk mengawal demokrasi dan menjaga kedaulatan serta keutuhan NKRI secara professional, menuju Indonesia yang aman dan sejahtera.
Setelah selesai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan atraksi bela diri Yong Moodo dari yonif 600 Raider, Aero Modeling, Paramotor dengan membawa spanduk dan di lanjutkan dengan parade Devile dari masing-masing satuan yang ada di Kaltim serta puncak acara diakhiri dengan syukuran dan potong tumpeng.

SHOLAT IDUL ADHA DAN PENYEMBELIHAN HEWAN QUR’BAN

Meski harus mengorbankan sesuatu yang paling dicintainya, Nabi Ibrahim AS, rela kehilangan putranya, dan Ismail tak keberatan dengan nyawanya. Peristiwa agung ini pun diabadikan dalam Al-Quran, agar menjadi teladan bagi umat manusia di sepanjang masa,” kata Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi santoso,M.M, dalam sambutannya sebelum pelaksanaan Sholat Idul Adha 1435 Hijriah, di lapangan Sepak Bola Bima Sakti Lanud Balikpapan. Minggu (5/10).
Sholat idul Adha diikuti oleh para pejabat dan anggota Lanud Balikpapan, anggota Satrad 223 dan masyarakat sekitarnya.bertindak sebagai Imam dan Khotib adalah Ustadz Hustami, Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri bow Budi Santoso,M.M, menambahkan “Ibadah tersebut menanamkan nilai-nilai kemanusiaan, kepedulian dan cinta kasih kepada sesama manusia, khususnya pada kaum fakir miskin. “Melalui Qurban kita dilatih untuk senantiasa mengasah perasaan agar timbul sikap saling tolong-menolong, membantu, dan kasih sayang dengan sesama tanpa memandang latar belakangnya”, lanjutnya.
Sementara itu Khotib dalam ceramahnya mengingatkan bahwa pelaksanaan Qurban adalah sebagai ibadah dan sekaligus sebagai implementasi bagi umat Muslim untuk menyadari secara psikis menghilangkan kelakuan seperti hewan dan membagi kebahagian kepada umat lain yang membutuhkannya.
Usai Sholat Idul Adha Komandan Lanud Balikpapan didampingi Ny. Ira Puspita Tri Bowo menyerahkan hewan Qurban kepada Panitia berupa satu ekor Sapi, sehingga jumlah hewan kurban yang terkumpul berjumlah 12 ekor Sapi dan 7 ekor Kambing, untuk disembelih dan dagingnya dibagikan kepada yang berhak menerimanya.

IBU-IBU PIA ARDHYA GARINI CABANG 11/D.II LANUD MENGIKUTI ANJANGSANA DALAM RANGKA HUT TNI KE-69

Dalam rangka memperingati HUT TNI yang ke 69, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono S.Ip berserta Ibu dan rombongan serta perwakilan ibu Jalasenastri Ibu Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Balikpapan dan pengurus melaksanakan kegiatan anjangsana ke Panti Asuhan Manuntung, dan memberikan tali asih kepada Warakawuri, Jum’at (3/10).
Pangdam VI Mulawarman dalam sambutannya menyampaikan bahwa saya berharap ke depan nanti adik-adik yang berada di Panti Asuhan Manuntung semuanya bisa menggapai cita-citanya untuk masa depannya yang lebih baik, dan juga semoga kegiatan anjangsana ini akan dapat berlanjut dikemudian hari, ini sebagai wujud kepedulian TNI terhadap rakyat.
Dalam kegiatan anjangsana ini, Pangdam VI Mulawarman, dari TNI sebagai perwakilannya memberikan tali kasih kepada Warakawuri berupa bingkisan dari Kodam VI Mulawarman yang terdiri dari beras bulog sebanyak 10 karung dan bingkisan kue serta sarung loreng sebanyak 40 buah. Pimpinan Panti Asuhan Manuntung mengucapkan banyak terima kasih atas kepedulian TNI dan juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada TNI yang ke 69. Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Kepala RST Kodam VI Mulawarman, LO AL, Kadispers Lanud Balikpapan Letkol Adm Moechlisin,M.Si, serta Ibu-Ibu Persit Kartika Chandra Kirana, Ibu-Ibu Dharma Pertiwi, Ibu-Ibu Jalasenatri, Ibu-Ibu PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan serta IKKT Satrad 223 Balikpapan.

Most Viewed