HUT PIA ARDHYA GARINI KE-58 DILANUD BALIKPAPAN

Memperingati HUT ke -58 PIA Ardhya Garini, telah dilaksanakan acara syukuran bertempat di gedung Serbaguna Lanud Balikpapan yang dihadiri Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tr Bowo Budi Santoso M.M Komandan Satrad 223 Balikpapan Letkol Lek Joko Nugroho ketua IKKT Pragati Wira Anggini anak ranting 003 Satrad 223, para kepala dinas dan perwira Lanud Balikpapan , seluruh anggota PIA Ardhya Garini Cab. 11/D.II Lanud Balikpapan serta ibu-ibu purnawirawan, Selasa (25/11)
Ketua Umum PIA Ardya Garini Ny.Dewi IB Putu Dunia dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua PIA Ardhya Garini Cab. 11/D.II Lanud Balikpapan Ny. Ira Tri Bowo Budi Santoso mengatakan, kiranya peringatan Hari Ulang Tahun ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk mawas diri atau mengepaluasi kembali sejauh mana kiprah dan perjalanan sejarah pengabdian dan perjuangan Pia Ardhya Garini selama ini da[pat kita gunakan sebagai intropeksi dalam rangka meningfkatkan kebersamaan, soliditas, memperkuat sepirit dan motipasi, serta komitmen kengabdian dimasa yang akan datang.
Sementara Komandan Lanud Balikpapan selaku pembina PIA Ardhya Garini Cab.11/D. II Lanud Balikpapan menyampaikan bahwa anggoya PIA Ardhya Garini sebagai istri prajurit otomatis mengemban multi peran yang harus dijalankan dengan baik. Sebagai ibu rumah tangga, PIA Ardhya Garini harus mendidik generasi yang berkualitas dan bermartabat. Sebagai pendamping suami PIA Ardhya Garini dituntut mampu memberi dorongan, motivasi, semangat serta moril kepada suami agar dapat melaksanakan tugas dengan baik. Sementara sebagai Anggota Masyarakat PIA Ardhya Garini dituntut mampu menangkap dan memahami perkembangan lingkungan.
Peringatan Hut Pia Ardhya Garini ke-58 tahun ini mengangkat tema “ Dengan semangat pengabdian dan kebersamaan, PIA Ardhya Garini siap meningkatkan kepeduliaan Sosial melalui Pendididkan dan kesehatan guna menyukseskan Kesejahteraan Keluarga besar TNI AU dan pembangunan Bangsa. Selain mengadakan acara syukuran dalam rangka menyambut HUT PIA Ardhya Garini ke-58 ini, PIA Ardhya Garini Cab. 11/D. I I Lanud Balikpapan juga mengadakan berbagai kegiatan, diantaranya lomba Bola Volly, lomba Jalan santai , lomba balita sehat, dan melaksanakan ziarah ke TMP Darma Agung pemberian sembako kepada personel Lanud serta mengadakan anjangsana ke rumah purnawirawan.

TINGKATKAN DISIPLIN DAN KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN

Seluruh anggota Lanud Balikpapan Militer dan Pegawai Negeri Sipil melaksanakan Upacara Bendera Mingguan, bertempat di lapangan Apel Mako Lanud Balikpapan, Senin (24/11). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M.
Dalam amanatnya Inspektur Upacara Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, menghimbau kepada seluruh anggota Lanud agar siapkan diri untuk menghadapi kegiatan kedepan, yaitu rencana kedatangan pesawat T50.I yang akan melaksanakan Latihan diLanud Balikpapn, pada tanggal satu Desember sampai dengan tujuh Desember.
Mengakhiri amanatnya Komandan Lanud Balikpapan sebagai Inspektur Upacara mengingatkan kepada seluruh anggota untuk selalu meningkatkan disiplin, keamanan, dan tetap waspada terhadap lingkungan sekitar Lanud serata menjaga kebersihan dilingkingan Lanud Balikpapandan mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di wilayah Lanud Balikpapan, yaitu dengan selalu peduli terhadap lingkungannya, melaksanakan patroli secara bergantian dan berkoordinasi atau melaporkan setiap kejadian kepada atasan apabila melihat ada hal-hal yang mencurigakan di sekitar lingkungan Lanud. Setelah pelaksanaan upacara seluruh anggota Balikpapan memberikan ucapan selamat kepada Komandan Lanud Balikpapan yang pada hari ini tanggal 24 November 2014 bertepatan dengan hari ulang Tahun yang ke-49.

KETUA PIA ARDHYA GARINI MENYERAHKAN SEMBAKO KEPADA ANGGOTA LANUD BALIKPAPAN

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PIA Ardhya Garini ke-58, Kertua PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan Ny.Ira Tri Bowo Budi Santoso, menyerahkan secara simbolis sembako kepada anggota Lanud Balikpapan yang diwakilkan oleh Prada.Imang dan PNS Suparni dibelakang Mako Lanud Balikpapan, Jum’at ( 21/11)
Penyerahan sembako disaksikan oleh Komandan Lanud Balikpapan Kolonel .Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, pejabat Lanud Balikpapan, perwira, bintara, tamtama serta Pns Lanud Balikpapan. Sebanyak 200 sembako telah disiapkan untuk di bagikan kepada personel Lanud Balikpapan serta juga di bagikan untuk para tenaga honorer.
Ketua PIA mengatakan pembagian sembako ini merupakan bentuk kepedulian PIA Ardhya Garini Cabang 11/D II Lanud Balikpapan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahunnya yang ke-58 serta wujud rasa terima kasih dan apresiasi PIA terhadap personel Lanud Balikpapan yang selalu mendukung dan membantu kelancaran dan kesuksesan kegiatan-kegiatan PIA.

KETUA PIA ARDHYA GARINI CABANG 11/D.II LANUD BALIKPAPAN KUNJUNGI PELLTU.PUR YAHMIN

Dalam rangka rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun ( HUT ) PIA Ardhya Garini ke-58, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan Ny.Ira Tri Bowo Budi Santoso beserta Ibu-Ibu pengurus PIA mengadakan anjangsana ke salah satu sesepuh TNI Angkatan Udara yang sakit dan baru pulang dari rumah sakit karena mengalami struk Pelltu.Pur Yahmin dirumahnya, Jum’at ( 21/11).
Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Baalikpapan Ny.Ira Tri Bow Budi Santoso, menyampaikan kepada Sesepuh TNI Angkatan Udara tersebut supaya tetap sabar dan tawaqal serta pasrah diri kepada Allah SWT setiap menghadapi ujian, dan cobaan tersebut mungkin kita lagi disayang oleh Allah SWT, dan semuanya itu kita ambil hikmahnya.
Pada kesempatan itu pula Ketua PIA menyerahkan tali asih kepada Pelltu.Pur Yahmin dan hendaknya pemberian tali asih ini tidak dilihat dari besar-kecilnya nilai harga yang diterima, akan tetapi dapat dimaknai sebagai wujud kepedulian PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan di hari Ulang Tahunnya yang ke-58, dan ini semua hanya sekedar untuk membantu dan meringankan beban bagi Pelltu.Pur Yahmin beserta keluarga, ujar Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan.

IBU-IBU PIA ARDHYA GARINI CAB.11/D.II LANUD BALIKPAPAN PERIKSA PAP SMEAR

Kesehatan reproduksi pada wanita sangat penting sekali dikarenakan penyakit yang berhubungan dengan organ intim ini cukup banyak menyerang kaum hawa. Salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh kaum hawa adalah penyakit kanker mulut rahim atau dalam bahasa medisnya kanker serviks. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian dan tercatat jenis kanker nomor satu yang menyerang wanita. Untuk dapat mendeteksi kanker serviks diperlukan pemeriksaan pap smear.
Untuk mendeteksi dini penyakit kanker serviks maka PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan, melaksanakan pemeriksaan pap smear bagi pengurus dan anggota PIA yang dilaksanakan di Rumkit Lanud Balikpapan, Jum’at ( 21/11 ).
Ketua PIA Ardhya Garini Cab. 11/D.II Lanud Balikpapan Ny.Ira Tri Bowo Budi Santoso, mengungkapkan kegiatan pemeriksaan pap smear ini dalam rangka HUT Ke-58 PIA Ardhya Garini, dan dengan tujuan untuk mendeteksi sejak dini apabila ada gejala kanker serviks, Karena semakin cepat diketahui semakin cepat pula penanganan dan penanggulangannya sehingga penyembuhannyapun dapat lebih awal.
Banyak diantara ibu-ibu belum mengetahui tentang pentingnya pemeriksaan pap smear. maka dari itu PIA akan selalu mensosialisasikan tentang pap smear kepada para pengurusnya dan anggotanya, dengan demikian ibu-ibu akan mengetahui manfaatnya sehingga dengan penuh kesadaran memeriksaan organ reproduksinya, tambah Ny.Ira. Pemeriksaan pap smear sangat sederhana dan tidak sakit, mudah dikerjakan dan hanya memerlukan waktu 10 menit. Pemeriksaan secara teratur dapat menyelamatkan jiwa jutaan wanita diseluruh dunia, khususnya kaum wanita di Indonesia dari kanker serviks.

ZIARAH HUT KE-58 PIA ARDHYA GARINI DI TMP DHARMA AGUNG BALIKPAPAN

Menyambut peringatan ke-58 PIA Ardhya Garini, PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan melaksanakan acara Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Agung Balikpapan, Jum’at (21/11). Bertindak selaku pimpinan ziarah ketua PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan Ny.Ira Tri Bowo Budi Santoso, diikuti oleh ibu-ibu pengurus PIA Ardhya Garini, anggota PIA Ardhya Garini, serta ibu-ibu dari IKKT Pragati Wira Anggini ranting 03 Satrad 223 Balikpapan.
Kegiatan Ziarah berlangsung secara khidmat, diawali dengan penghormatan kepada para arwah Pahlawan Kusuma Bangsa dilanjutkan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga serta tabur bunga ke pusara makam pahlawan yang diawali oleh pimpinan ziarah Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan serta diikuti oleh seluruh rombongan Ziarah.
Ziarah dan Tabur Bunga dalam rangka HUT ke-58 PIA Ardhya Garini Ini dimaksudkan untuk memberikan doa serta mengenang arwah para pahlawan Kusuma Bangsa yang telah gugur mendahului kita, serta diharapkan kita semua dapat mewarisi semangat rela berkorban untuk kepentingan Bangsa dan Negara, ungkap pimpinan ziarah Ny. Ira Tri Bowo Budi Santoso disela-sela pelaksanaan tabur bunga.

DANLANUD BALIKPAPAN KUNJUNGI ASET TNI AU DI MELAK KUTAI BARAT

Baru-baru ini Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso M.M MSi didampingi KaIntel Mayor Sus Dodi Prastiyanto, Kasifasint Mayor Sus Agung Sastrawan ST, Kakum Kapten Sus Ikhwanudin SH, melaksanakan Kunjungan Kerja di perwakilan TNI AU Melak Kutai Barat selama tiga hari dari tgl 13-16 November 2014.
Perwakilan TNI AU Melak Kutai Barat merupakan aset TNI AU yang keberadaannya dibawah Lanud Balikpapan, dengan lahan seluas 474,5 Hektar yang dipimpin oleh seorang Kepala perwakilan (Kalan) berpangkat perwira dan diawaki oleh satu regu anggota Paskhas dari Batalyon 466 Makasar.
Kunjungan Komandan Lanud Balikpapan beserta rombongan di pos perwakilan TNI AU Melak melaksanakan peninjauan di mes dan aset tanah Negara yang menjadi tanggung jawab TNI Angkatan Udara serta melaksanakan kunjungan ke kantor pertanahan dan kantor presidium dewan adat melak. Dalam kesempatan tersebut Komandan Lanud Balikpapan juga melaksanakan Koordinasi dan tatap muka dengan unsur muspida Kutai Barat yang bertempat di kantor Bupati yang dihadiri Asisten tiga bapak Gabriel, Kepala badan pertanahan, kepala bandara Melalan, serta kasatpol pamong praja kabupaten Kutai Barat.
Pada kunjungan kerjanya Danlanud Balikpapan berkesempatan mengunjungi para warakauri dan tokoh adat yang ada di seputaran pos perwakilan TNI AU Melak. Mengakhiri kunjungan kerja komandan Lanud mengadakan acara ramah tamah bersama Warakauri, tokoh masyarakat, tokoh Adat serta warga sekitar di lingkungan pos perwakilan TNI AU Melak. Diadakannya acara ini bertujuan untuk meningkatkan tali silahturahmi, perdamaian, persaudaraan dan kemajuan Kutai Barat ujar DanLanud di sela acara ramah tamah.
Pada perjumpaan dengan Bupati Kutai Barat Ismael Thomas pada saat kembali ke Balikpapan Bupati menyampaikan keinginannya untuk memperpanjang landasan agar dapat didarati oleh pesawat-pesawat yang lebih besar, komandan menyampaikan pada intinya mendukung apabila Bandara Melalan ingin dikembangkan oleh Pemerintah Daerah, tentunya melalui mekanisme dan prosedur yang ada.

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN GIGI ANAK SEJAK DINI

Dalam rangka menyambut HUT PIA ke-58 yang jatuh pada tanggal 25 November PIA Ardhya Garini Cabang 11/ D II Lanud Balikpapan mengadakan simulasi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut kepada murid-murid TK Angkasa Lanud Balikpapan Senin (17/11)
Drg Verawaty Tri Budianto sebagai pembawa materi simulasi penyuluhan kesehatan gigi dan mulut mengatakan Tujuan diadakannya kegiatan ini agar murid-murid TK Angkasa terbiasa dengan menjaga kesehatan gigi dan mulutnya dengan rajin menyikat gigi. “Jangan anggap remeh kesehatan gigi dan mulut anak. Banyak orang tidak pernah membayangkan bahwa masalah gigi dan mulut anak dapat berpengaruh pada perkembangan anak. Maka dari itu, betapa penting perhatian orangtua terhadap kesehatan gigi dan mulut anak, terutama anak-anak yang masih balita
Pada kegiatan ini terlihat murid-murid sangat antusias mendengar arahan dari dokter dan pengurus Pia Ardhya Garini Cabang 11/D II Lanud Balikpapan, mulai dari penjelasan penyebab kerusakan gigi, cara merawat gigi dengan alat peraga, pemutaran video tentang kesehatan gigi, menyanyikan lagu kesehatan gigi secara bersama, hingga diakhiri dengan kegiatan gosok gigi bareng dihalaman sekolah.

IBU WALIKOTA BALIKPAPAN KUNJUNGI POSYANDU MALEO LANUD BALIKPAPAN

Dalam rangka memperingati HUT ke-58 Pia Ardhya Garini cabang 11/D. II Lanud Balikpapan melaksanakan kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Maleo 01/02 Lanud Balikpapan, Jumat (7/11).
Posyandu Maleo 01/02 Lanud Balikpapan dikunjungi oleh Ibu Walikota Balikpapan Hj.Arita Rijal Efendi dan rombongan dari Dinas Kesehatan Kota Balikppan, yang disambut langsung oleh Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 11/D.Lanud Balikpapan Ny.Ira Tri Bowo Budi Santoso beserta Ibu-Ibu pengurus posyandu Maleo 01/02 Lanud Balikpapan, Kunjungan tersebut bertujuan Untuk mengetahui perkembangan dan tumbuh kembang balita serta untuk meningkatkan gizi baik bayi maupun balita yang ada di Kota Balikpapan umumnya dan khususnya anak-anak anggota Lanud Balikpapan, Kegiatan Posyandu ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali meliputi,pemberian imunisasi Vitamin A pemeriksaan kesehatan anak dan penimbangan,berat badan ujar Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 11 D II Lanud Balikpapan Ny. Ira Tri Bowo Budi Santoso
Ibu Walikota Balikpapan Hj. Arita Rijal Efendi dan Ketua Pia Ardhya Garini cabang.11/D II Lanud Balikpapan berkesempatan manyaksikan penimbangan dan pemeriksaan kesehatan balita yang ikut posyandu. Harapannya kegiatan posyandu secara rutin kiranya dapat memantau gizi para balita sehingga tumbuh sehat dan bebas dari berbagai penyakit, Ibu Walikota Balikpapan bersam Ketua PIA Aedhya Garini Cabanag 11/D.II Lanud Balikpapan berfoto bersama dengan para pengurus posyandu Lanud Balikpapan.

BUDIDAYA POHON BUAH NAGA DI LANUD BALIKPAPAN

Setelah melaksanakan apel pagi, Komandan lanud Balikpapan beserta seluruh personel Lanud melaksanakan kegiatan korve pembersihan lahan yang ada di belakang rumkit Lanud untuk penanaman sekitar 500 pohon buah naga yang akan di budidayakan di seputaran komplek Lanud Balikpapan. Selasa (4/11).
Sebelum penanaman di lahan yang sudah di persiapkan di adakan pembibitan terlebih dahulu, tehnik dan cara pembibitan pohon buah naga di dapat setelah sebagian personel Lanud mendapat pelatihan singkat dari Dinas Pertanian kota Balikpapan. Pohon buah naga di pilih karena di anggap paling kuat terhadap hama penyakit, tidak butuh air yang banyak dan cara perawatannya mudah, demikian yang disampaikan komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso M.M.
Selanjutnya Danlanud mengatakan, Mungkin sebagian masyarakat ada yang belum mengenal apa itu pohon buah naga, Buah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Australia utara dan Tiongkok selatan. Bunga pohon buah naga (Hylocereus) hanya mekar pada malam hari.
Diharapkan kedepannya dengan adanya budidaya penanaman pohon buah naga di komplek Lanud Balikpapan dapat bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan warga Lanud, serta untuk menambah ilmu dan wawasan dalam bidang pertanian yang nanti nya dapat berguna dimasa mendatang.

Most Viewed