CERAMAH SOSIALISASI DOKTRIN TNI AU DILANUD BALIKPAPAN

Pangkalan TNI  Angkatan Udara Balikpapan mernerima kunjungan Team Safari dari Binpersman Mabesau Dasar program Spersau Ta 2014 tentang giat Sosialisasi Doktrin TNI AU di gedung Serbaguna Lanud Balikpapan, Jum’at (19/9). Acara Sosialisasi dihadiri oleh seluruh personel Lanud Balikpapan, Perwira, Bintara, Tamtama, serta Pns.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Balikpapan yang dibacakan  Kadispers Lanud Balikpapan Letkol.Adm Moechlisin,M.Si,  mengatakan Selamat datang kepada team  Safari Binpersman Mabesau semoga sosialisasi yang akan dilaksanakan Ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan bagi anggota Lanud, dan apabila dalam penyambutannya ada kekurangan,  mohon bantuan agar Lanud Balikpapan lebih baik, kemudian diharapkan kepada seluruh anggota siap menerima ceramah sosialisasi Binpersman Doktrin  TNI AU tentang pengunaan prajurit  sesuai dengan buku petunjuk pelaksana (Bujuklak) pencegahan dan penangulangan terpadu Hiv Aids dapat mengikutinya  secara Serius dan sampai dengan selesai.

Ceramah sosialisasi Doktrin TNI  AU yang pertama disampaikan oleh Pabandya Binsispers Letkol Adm Agung Karyanto membahas tentang Doktrin TNI AU dan pengunaan prajurit sesuai dengan Bujuklak di masing-masing jajaran TNI Angkatan Udara dimanapun berada. sedangkan Pabadya Evlap Letkol Kes Djoko Suryanto memaparkan sosialisasi tentang pencegahan dan penangulangan terpadu Hiv Aids dan Bujuklak pembinaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sehinga para Anggota dapat memahami, dan mengerti serta diharapkan kepada seluruh  Komandan satuan dapat menerima dan mensosialisasikan kebijaksanaan ini.

DANLANUD BALIKPAPAN SAMBUT KEDATANGAN IBU WAKIL PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M,  beserta Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan, Wakil Gubernur Kaltim, Kapolda Kaltim, Kasdam VI Mulawarman ,menyambut kedatangan Ibu Wakil Presiden Republik Indonesia,  Hj Herawati Budiono bertempat appron  Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan,Kamis (!8/9).

Ibu Wapres beserta rombongan tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan tepat pukul 09.50 Wita dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan BJR- 85. Setelah  istirahat sejenak DI Vip Room, Ibu Wapres beserta rombongan melanjutkan perjalanannya menuju samarinda. Kedatangan Ibu Wapres ke Samarinda dalam rangka meresmikan Rumah Tenun di Samarinda Seberang  ( KaltIm ).

PROGRAM LARI SIANG ANGGOTA LANUD BALIKPAPAN

Anggota Lanud Balikpapan baik Perwira, Bintara dan Tamtama yang over weight melaksanakan lari siang.  Kegiatan olah raga lari  siang ini merupakan ‘tambahan’ wajib bagi anggota yang mengalami berat badannya lebih dan bagi mereka yang akan melaksanakan pendidikan atau sekolah, demikian dikatakan Kadispers Lanud Balikpapan Letkol.Adm Moechlisin,M.Si, disela-sela apel sebelum melaksanakan lari siang, Rabu(17/9).

Kadispers juga menambahkan, bahwa kegiatan lari siang ini merupakan bagian dari pembinaan personel selain kegiatan olah raga yang rutin dilaksanakan yaitu tiap hari Selasa dan Jumat. Dengan lari siang ini juga akan membantu tubuh kita menjadi lebih bugar, sehat dan juga meningkatkan stamina tubuh anggota Lanud Balikpapan, ujar Kadispers Lanud Balikpapan  yang memimpin langsung pembinaan Fisik (Binsik ) lari siang bagi seluruh Personel Lanud Balikpapan. Lari siang dimulai dari pukul 13.30 Wita  sampai dengan jam 14.00 Wita, dengan mengambil Rute di sekitar Komplek Lanud Balikpapan.

 

UPACARA 17 AN DILANUD BALIKPAPAN

Pangkalan TNI AU Balikpapan , Rabu , (17/9), bertempat di lapangan apel Lanud Balikpapan melaksanakan Upacara Bendera Tujuh Belasan. Kegiatan upacara bendera tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Personel Lanud Balikpapan Letkol Adm Moechlisin,M.Si sebagai Inspektur Upacara (Irup), hadir para pejabat Lanud Balikpapan dan seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil  Lanud Balikpapan.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Sus Moechtar,S.Ag, Perwira upacara Letda Lek Andi anjar , pembaca Undang- Undang Dasar 1945 Sertu Hari Wahyono, pengucap  Sapta Marga Prada Satriandi dan pembaca Panca Prasetya Korpri PNS Rian.S . Sedangkan petugas pengibar bendera merah putih dari Satpoam Lanud Balikpapan.  Panglima Komando Operasi Angkatan Udara II Marsda TNI Abdul Muis, dalam sambutannya yang dibacakan Kadispers Lanud Balikpapan Letkol Adm Moechlisin,M.Si, Upacara bendera yang dilaksanakan   secara   rutin   setiap tanggal 17 ini, selain untuk memelihara nilai-nilai luhur kejuangan yang telah dirintis oleh  para   founding father Bangsa, juga   sebagai media kita untuk menyampaikan berbagai informasi yang berkembang di wilayah koopsau ii  saat ini.

DANLANUD BALIKPAPAN SAMBUT KEDATANGAN PRESIDEN RI

 

Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi santoso M.M didampingi Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan bersama dengan Gubernur Kaltim, Pangdam VI Mulawarman, Kapolda Kaltim, Danrem Samarinda, Ketua DPRD Kaltim, Kepala kejaksaan Tinggi Kaltim menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia di apron Parking Stand 1 Bandara Udara Internasional Sepinggan Balikpapan,  dengan  menggunakan Pesawat Kepresidenan Boeing BBJ-.2 A-001, dengan Pilot Letkol Pnb Ali Gusman tepat pukul 10.30 wita mendarat  diBandara Udara Internasional  Sepinggan Balikpapan, Senin(15/9).

Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang didampingi Ibu Ani Yudhoyono beserta rombongan transit sejenak di VIP room Bandara Udara Internasional Sepinggan Balikpapan, sebelum meresmikan Bandara Internasional  Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan serta peresmian Proyek-Proyek MP3I.

TAKLIMAT AKHIR ITKOOPSAU II DILANUD BALIKPAPAN

Acara Taklimat Akhir Tim Itkoopsau II Pengawasan dan Pemeriksaan yang dipimpin oleh Kolonel Lek Istiyanto,S,SSo berlangsung di Ruang Breefing Lanud Balijkpapan, Rabu(10/9). Dalam sambutannya mengawali kegiatan ketua Tim Wasrik menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala dukungan dan kerjasama yang terjalin dengan baik selama pelaksanaan Wasrik dari tanggal 8 September sampai dengan 2014. Dari hasil pengamatan terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan Lanud Balikpapan, bahwa telah terlihat adanya upaya untuk meningkatkan kinerja dengan melakukan berbagai langkah perbaikan dan pembenahan di semua bidang. Hal ini dirasakan dengan semakin tertatanya mekanisme dan prosedur dalam melaksanakan kegiatan. Namun beliau menjelaskan pula masih ada beberapa hal yang perlu menjadi atensi untuk perbaikan ke depannya, sehingga dapat menghindari dampak yang dapat merugikan institusi

Dalam amanatnya Komandan Lanud Balikpapan Kolonel.Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M,  bahwa kegiatan Wasrik yang diadakan ini merupakan sarana untuk pengendalian didalam organisasi, mendorong untuk mengoptimalkan tugasnya sesuai sasaran program yang telah ditetapkan mencegah kemungkinan penyimpangan yang dapat menghambat pencapaian tujuan dan penajaman kinerja organisasi agar memberikan kontribusi positif dalam mewujudkan efektifitas dan efisiensi serta ketaatan terhadap peraturan dan prosedur.        Acara diakhiri dengan penyerahan dokumen temuan wasrik oleh ketua tim Itkoopsau II kepada Komandan Lanud Balikpapan

 

KUNJUNGAN WASRIK ITKOOPSAU II DI LANUD BALIKPAPAN

Tim Pengawas dan Pemeriksaan (Wasrik) Irkoopsau II melaksanakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan di Lanud Balikpapan, Senin (8/9). Tim Wasrik ITKOOPSAU II yang diketuai oleh Kolonel Tek Istiyanto beserta tim akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan kinerja Lanud Balikpapan di setiap bidang yang meliputi bidang operasi, bidang personel, bidang logistik, bidang khusus, dan Satpomau.
Komandan Lanud Balikpapan Ir. Tri Bowo Budi Santoso. M.M dalam sambutannya mengatakan dengan adanya tim wasrik ITKOOPSAU II dalam melaksanakan pemeriksaan di Lanud Balikpapan ini, kami yakin temuan-temuan dari tim sangatlah bermanfaat untuk membantu Lanud Balikpapan baik di dalam melengkapi aturan dan prosedur yang belum kami laksanakan ataupun didalam memecahkan masalah yang ada, sehingga diharapkan akan membantu mencari jalan keluar untuk pemecahannya, paling tidak menyampaikan temuan-temuan tersebut ke komando atas. Danlanud Balikpapan juga mengharapkan adanya masukan-masukan positif setelah pelaksanan Wasrik ini, sehingga diharapkan Lanud Balikpapan menjadi lebih baik di masa depan.
Kunjungan kerja Tim Wasrik ke Lanud Balikpapan di rencanakan berlangsung selama 3 (tiga) hari, meliputi kegiatan pendalaman di lapangan, utamanya melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan di bidang operasi, personel, logistik, keuangan, dan staf khusus, serta Satpomau dimulai dari pemeriksaan bidang operasi dan menyusul ke bidang lainnya.

LANUD BALIKPAPAN DUKUNG GERAKAN SATU JUTA LUBANG BIOPORI DALAM RANGKA HUT TNI KE-69

Warga Lanud Balikpapan membuat Lubang Biopori Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup serta dalam rangka memperingati HUT TNI ke 69, Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso M.M memimpin langsung pembuatan lubang resapan biopori di lingkungan Mako Lanud Balikpapan.(4/9)

Lubang resapan biopori (LRB) adalah metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah dimana dibuat lubang pada tanah yang ditimbun dengan sampah organik yang menghasilkan kompos untuk menghidupi fauna tanah dan mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah.

Pembuatan lubang resapan Biopori ini merupakan bentuk dukungan serta kepedulian Lanud Balikpapan  terhadap kelestarian lingkungan sekitar serta dukungan akan gerakan satu juta lubang resapan biopori yang dicanangkan TNI dalam memperingati hari jadinya, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak mulai minggu kedua agustus sampai dengan minggu keempat September, dan melalui awalan pembuatan ini diharapkan dapat mempengaruhi dan mengajak masyarakat kota Balikpapan  khususnya untuk dapat ikut bersama-sama peduli dan mencintai lingkungannya dengan membuat lubang resapan biopori di lingkungan tempat tinggalnya, jelas Danlanud disela-sela pembuatan LRB.

Di sela-sela acara pembuatan lubang biopori Komandan lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso M.M juga meresmikan peletakan batu pertama pembangunan bengkel dan Cucian Mobil dan motor di komplek TNI AU Lanud Balikpapan. Di harapkan kedepannya bengkel dan pencucian motor tersebut akan menambah kesejahteraan bagi warga Lanud. ( Pentak Lanud Bpp )

PEMBUKAAN PELATIHAN PERTANIAN BERBASIS KOMPETENSI DILANUD BALIKPAPAN

Pangkalan TNI Angkatan Udara Balikpapan membuka Pelatihan Pertanian yang Berbasis Kompetensi diikuti oleh anggota Lanud Balikpapan dan masyarakat Balikpapan yang berada dilingkungan Lanud Balikpapan di Gedung Serbaguna, Rabu(3/9).

Pelatihan tersebut dilaksanakan selama satu bulan setengah yang bertempat diPangkalan TNI Angkatan Udara Balikpapan diikuti oleh personel Lanud Balikpapan terdiri dari Perwira, Bintara, Pns, dan dibawah pengawasan instruktur Bp. Dodi dan Bp.Widodo. Pelatihan ini mengupas materi tentang Program Revitalisasi Pertanian. tujuan dari pelatihan ini adalah mengidentifikasi persepsi Pertanian yang Berbasis Kompetensi  untuk bekal  seluruh anggota Lanud Balikpapan disaat pensiun.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Balikpapn yang dibacakan  Kadispers Lanud Balikpapan letkol.Adm Moechlisin,M.Si menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasamanya kepada kepala BLK Balikpapan Bapak Drs.H.Hasanudin,M.Si, selaku penyelenggara Pelatihan ini semoga Pelatihan ini  bisa berjalan lancar dan sukses. Setelah selesai  acara Pembukaan Pelatihan yang langsung dibuka oleh Kepala Balai Latihan Kerja Balikpapan ( BLK ), semua peserta melaksanakan foto bersama dan dilanjutkan pembahasan materi pelatihan.

ANGGOTA LANUD BALIKPAPAN IKUT DONOR DARAH HUT TNI KE-69

Dalam rangka menyambut peringatan   HUT TNI Ke-69, Lanud Balikpapan mengirimkan 15 anggota yang dipimpin oleh Kadispers Lanud Balikpapan Letkol.Adm Moechlisin,M.Si dan Ibu-Ibu PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan  untuk ikut serta dalam rangka kegiatan Bhakti sosial kesehatan berupa donor darah yang diikuti oleh personel TNI/Polri,Insub serta masyarakat umum yang ingin mendonorkan darahnya yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di Rumah Sakit Tentara(RST) , Selasa (2/9).

Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan HUT TNI ke-69  yang puncaknya akan diperingati pada tanggal 5 Oktober 2014. Donor darah ini diikuti oleh 200 pendonor dan berhasil mengumpulkan sebanyak 200 kantong darah. Seluruh pendonor diambil darahnya sebanyak 1 kantong atau sekitar 250 ml dengan berbagai jenis golongan darah.

Di setiap tetes darah yang pendonor berikan merupakan amalan yang sangat mulia. Darah pendonor merupakan bantuan kemanusiaan yang tiada tara harga dan faedahnya bagi sesama yang memerlukan darah dalam berjuang mempertahankan nyawa. Selain itu, kegiatan tersebut merupakan wujud nyata kepedulian sosial dan rasa solidaritas segenap anggota TNI  dalam membantu masyarakat melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

Kegiatan donor darah ini selain diikuti oleh para anggota Lanud Balikpapan anggota Kodam VI Mulawarman, Lanal Balikpapan,  Den zipur, Kepolisian  serta Ibu-Ibu PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan, Ibu-Ibu Persit Kartika Candra Kirana, dan Ibu-Ibu Lanal Balikpapan serta masyarakat umum.

Most Viewed