PELESTARIAN SATWA BURUNG JALAK KEBO

Sebanyak 26 ekor burung jalak kebo dilepas ke alam supaya bisa hidup bebas. Pelepasan burung tersebut dilakukan oleh Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M, didampingi para pejabat Lanud serta seluruh anggota Lanud Balikpapan. di sela-sela kegiatan istirahat siang, berlokasi di pinggir pantai kompleks TNI Angkatan Udara Lanud Balikpapan. Kamis (24/4)

Komandan Lanud mengatakan, burung yang dilepas ke alam tersebut berjenis Jalak Kebo Pelepasan burung tersebut bertujuan untuk menjaga kelestarian alam sekaligus meningkatkan rasa solidaritas para pecinta burung dalam kehidupan sosial di masyarakat. Sebanyak 26 ekor burung tersebut kami beli dari pedagang katanya dan berharap burung yang dilepas tersebut bisa berkembang biak di sekitar komplek Lanud Balikpapan. Komandan Lanud mengapresiasi pelepasan burung ke alam bebas tersebut.. Menurutnya, hal itu bisa untuk pelestarian satwa, khususnya burung, supaya bisa hidup bebas di habitat yang sesungguhnya. Dengan begitu burung-burung tersebut bisa membantu proses penyerbukan tanaman yang ada di sekitar secara alami.

Selain itu, Komandan Lanud juga melarang menangkap burung-burung yang baru di lepas serta burung-burung lainnya yang termasuk dilindungi oleh pemerintah. Di harapkan warga dan masyarakat bisa bersama-sama ikut melestarikan sekaligus mengawasi keberadaan satwa tersebut, “Alam akan menjadi semakin asri bila diiringi dengan suara kicauan burung-burung yang dilestarikan,” tuturnya.


MENUMBUH KEMBANGKAN SENSE OF INTELIGENCE DAN SENSE OF SECURITY

Tim safari Intelijen TNI Angkatan Udara yang dipimpin Pabandya Progar Paban I/Ren Spamau Letkol Sus Adam Sofan, memberikan pembekalan intelijen kepada anggota Lanud Balikpapan Dan Satrad 223 yang terdiri dari para Perwira Bintara Tamtama dan PNS Acara tersebut berlangsung di gedung serbaguna Lanud Balikpapan. Kamis (24/4).

Hadir dalam acara tersebut Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M. Komandan satrad 223 Letkol Lek Djoko Nugroho, serta para Kepala Dinas Lanud Balikpapan,

Sebelum pembekalan di mulai Komandan Lanud Balikpapan dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Lanud Balikpapan kepada ketua tim Safari Intelijen Mabesau dengan harapan semoga program Ceramah Safari Intelijen nanti dapat berjalan lancar sesuai rencana. Serta kepada seluruh anggota agar mengikuti ceramah ini dengan serius, memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga akan memperoleh ilmu pengetahuan tambahan agar dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab disatuan masing-masing dapat optimal dan lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Ketua Tim Safari Intelijen Mabesau dalam pembekalan menyampaikan “tujuan dari safari Intelijen ini adalah untuk memberikan gambaran tentang situasi dan penyelenggaraan intelijen TNI AU yang telah dan sedang akan dilaksanakan hingga saat ini, serta untuk menumbuh kembangkan sense of Inteligence dan sense of Security” kepada seluruh personil Lanud Balikpapan.

MENINGKATKAN STAMINA DAN KETAHANAN FISIK

Dalam rangka pembinaan personil khususnya dalam menjaga dan meningkatkan stamina dan ketahanan fisik bagi seluruh personel baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil Lanud Balikpapan melaksanakan tes samapta yang dilaksanakan di seputaran jalan mako Lanud. Selasa, (22/4).

Kegiatan Samapta yang dimulai pukul 07.30 Wita setelah melaksanakan apel pagi tersebut diikuti oleh Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M, para pejabat lanud, serta. Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Lanud Balikpapan. “Kesamaptaan yang baik merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI AU. Dengan memiliki kesamaptaan yang baik diharapkan nantinya dapat mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas sehari-hari”, tegas Komandan Lanud Balikpapan sebelum melaksanakan tes samapta.

Secara berkala dua kali dalam setahun setiap anggota Lanud Balikpapan termasuk PNS melaksanakan tes samapta. Bagi anggota TNI AU dilaksanakan tes samapta A dan B dan samapta A bagi PNS. Tujuan dilaksanakan Tes Samapta ini adalah untuk mengetahui serta mengukur sejauh mana kondisi serta kebugaran fisik yang dimiliki oleh anggota Lanud Balikpapan.

Sebelum dilaksanakan tes samapta seluruh anggota melaksanakan cek tensi dan doa bersama agar dalam pelaksanaan samapta terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan sehingga dalam tes dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dalam tes samapta kali ini, Tni au menerapkan aturan terbaru dlm pelaksanaan penilaian tes yang berdasar Kep/718/XII/2013 tanggal 13 Desembar 2013 yang berpedoman pada Bujuknis TNI AU tentang pembinaan jasmani. ( Pentak Lanud BPP )

APEL GABUNGAN WANITA TNI SE-KALTIM DI LANUD BALIKPAPAN

Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir. Tri Bowo Budi santoso. M.M memimpin upacara apel bersama Wanita TNI se-Kaltim di Gedung serbaguna Lanud Balikpapan, Senin (21/4). Apel bersama ini diikuti oleh beberapa kesatuan yakni dari Komando wanita Angkatan Darat (Kawad) dari jajaran kodam VI MLW, Komando Wanita Angkatan Laut (Kowal) Lanal Balikpapan, Wanita Angkatan Udara (Wara) Lanud Balikpapan.

Dalam sambutan Panglima TNI yang di bacakan Danlanud Balikpapan, “ Di era tuntutan global yang terus bergerak dinamis dan dalam konteks tugas ini yang semakin tidak ringan, prajurit korps wanita TNI, tidak boleh hanya bangga dengan semangat sebagai Melati Pagar Bangsa, sebagaimana terkandung di dalam sesantinya, tetapi bangun dan kembangkan semangatnya Cut Nya Dien dalam perjuangan bersenjata melawan penjajah. Untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas, serta mampu mengeleminasi keterbatasan dalam rangka pengembangan tugas dengan tidak mengurangi kodrati sebagai wanita Indonesia “

Turut hadir dalam acara tersebut, Komandan Lanal Balikpapan, Komandan kodim, Komandan Radar 223 Balikpapan serta para pejabat tni di lingkungan kodam VI Mlw. Selain itu untuk menghangatkan suasana juga di gelar hiburan orgen tunggal dan di akhiri dengan acara refreshment di gedung serbaguna lanud Bpp. (Pentak Lanud Bpp)

UPACARA 17-AN BULAN APRIL DI LANUD BALIKPAPAN

Pada hari kamis tanggal 17 April 2014 bertempat di Lapangan Apel Mako Lanud Balikpapan dilaksanakan Upacara 17-an. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kadispers Lanud Balikpapan Letkol Adm Muchlisin yang diikuti oleh peserta upacara terdiri dari seluruh anggota dan PNS Lanud Balikpapan. Kamis (17/4).

Upacara berjalan dengan hikmad dan lancar, bertugas sebagai pembaca UUD 1945 Sersan Satu keken, pengucap Sapta Marga Kopral Dua Sujarworo,  dan Pembaca Panca Prasetya Corps Pegawai Republik Indonesia PNS Wisno Matali serta anggota Satpom AU bertugas sebagai Pengibar Bendera Merah Putih.

Dalam amanat  Panglima TNI yang dibacakan Kadispers Lanud Balikpapan mengatakan  bahwa TNI sesungguhnya dibangun untuk mengemban tugas dan peran strategis dalam mengantisipasi ancaman dari luar, tetapi bagi prajurit tni sama sekali tidak menginginkan adanya kelompok-kelompok tertentu, yang berupaya mengganggu stabilitas serta mengancam keamanan bangsa dan negara. dalam kaitan tersebut, tni bertekad kuat dengan segala resiko apapun untuk mengambil langkah-langkah tegas di dalam rangka mengawal demokrasi, serta mengamankan bangsa dan negara. untuk itu, saya instruksikan untuk tidak ragu-ragu di dalam mengantisipasi kecenderungan perkembangan situasi bagi jalannya demokrasi. (Pentak Lanud Bpp).

TES SAMAPTA CASIS TAMTAMA DILANUD BALIKPAPAN

Pangkalan TNI Angkatan Udara Lanud Balikpapan menyelenggarakan Tes Samapta bagi para Calon Siswa (Casis) Tamtama TNI Angkatan Udara yang telah mendaftarkan dirinya untuk menjadi Tamtama Prajurit Karier Tahun 2014 Gelombang pertama di diLapangan Apel Lanud Balikpapan, Senin (14/4).

Tes semapta yang dilaksanakan dilapangan apel Lanud Balikpapan diikuti oleh enam orang Casis Tamtama yang ikut tes kesemaptaan meliputi samapta A (Lari 12 Menit), dan samapta B meliputi : Push Up, Sit Up dan Shuttle Run, ini sebelumnya telah melaksanakan pemeriksaan Adminitrasi Personil dan Tes Kesehatan diRumkit Lanud Balikpapan.

Para Casis setelah melaksanakan semapta A dan B, mereka menunggu hasilnya dan melanjutkan tes berikutnya bagi para Casis yang lulus tes semapta begitu disampaikan Kasi Binjas Lnaud Balikpapan Mayor Kes Sapei disela-sela pelaksanaan tes semapta diLpangan Apel Lnaud Balikpapan.(Pentak Lanud Balikpapan ).

FUNWALK DAN FISHING TURNAMEN DI LANUD BALIKPAPAN

Dalam rangka rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun ke-68 TNI AU, Lanud Balikpapan mengadakan jalan santai dan lomba mancing dilaut, Minggu (13/4).

Kegiatan jalan santai diikuti oleh Komandan Lanud, Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M,pejabat pemerintah kota Balikpapan , pejabat unsur TNI dan Polri Dansatrad 223 Balikpapan Letkol Lek Djoko Nugroho S.T., Ketua PIA Ardyha Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan, Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Anak Ranting 003 Satrad 223, Pejabat Lanud Balikpapan, Pejabat Satrad 223, Seluruh Anggota dan keluarga Lanud Balikpapan dan Satrad 223 serta masyarakat dilingkungan Lanud Balikpapan.

Kegiatan jalan santai diawali dengan senam aerobik bersama yang diikuti oleh seluruh peserta gerak jalan santai dilapangan Mako Lanud Balikpapan. Kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera start oleh Komandan Lanud yang menandai startnya kegiatan jalan santai dengan mengambil rute sekitar kompleks wilayah lanud Balikpapan.

Usai melaksanakan Jalan santai, para peserta langsung menikmati minuman dan makanan yang telah disediakan oleh Panitia pelaksana kegiatan gerak jalan santai. Selain gerak jalan santai, dalam acara jalan santai dilaksanakan juga Bazar murah yang diadakan oleh ibu-ibu PIA AG, acara gerak jalan santai dimeriahkan dengan acara lomba mancing di laut yang diikuti oleh seluruh peserta gerak jalan santai, dan acara pengundiaan doorprize yang sudah disediakan oleh panitia.

Menurut komandan Lanud Balikpapan acara jalan santai dan lomba mancing dilaut kali ini merupakan rangkaian kegiatan HUT TNI Angkatan Udara Ke 68, jalan santai kali ini dibuka untuk umum dan dikuti oleh seluruh warga masyarakat Balikpapan yang bertujuan agar masyarakat dapat lebih dekat dengan Lanud Balikpapan serta masyarakat dapat menikmati sarana yang ada diLanud Balikpapan berupa keindahan dan pasilitas yang ada dipantai Lanud Balikpapan, dan juga untuk menimbulkan rasa minat dirgantara bagi generasi muda dilingkungan masyarakat Balikpapan.

KUNJUNGAN PIMPINAN KALTIM POST GROUP KE LANUD BALIKPAPAN

Danlanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso M.M beserta Kadispers Lanud Balikpapan Letkol Adm Moechlisin , Kadislog Mayor Kal Hendratoko Kadisops Mayor Lek Hari Budi Utomo Dansatpom Mayor Pom Karyanto, Kapentak Lanud Balikpapan Lettu Sus Deni Kusdinar, menerima rombongan dari Kaltim Post Group dipimpin Direktur Kaltim Post Group Tatang Setiawan di ruang kerja Komandan Lanud Balikpapan, Kamis (10/4).

Kunjungan ke Lanud Balikpapan selain dimaksudkan untuk silaturrahmi, juga dalam rangka menciptakan komunikasi yang lebih baik dan erat dengan Lanud Balikpapan. Pimpinan Kaltim Pos Juga memberikan ucapan selamat kepada Dan Lanud berkaitan dengan Hari Ulang tahun TNI Angkatan Udara ke 68.

Sementara Komandan Lanud Balikpapan dalam penerimaannya menjelaskan kunjungan Kaltim Pos Group beserta rombongan ke Lanud Balikpapan merupakan wujud kedekatan media massa dengan Lanud Balikpapan. serta berharap melalui kedekatan dengan media massa, informasi tentang Lanud Balikpapan yang sampai ke publik, bisa berimbang.

ACARA SYUKURAN HUT TNI AU KE-68

Setelah pelaksanaan upacara HUT TNI AU ke-68 selesai dilaksanakan dilapngan apel Lanud Balikpapan, kemudian acara dilanjutkan dengan acara syukuran HUT TNI Angkatan Udara yang dilaksanakan diPantai Lanud Balikpapan yang diikuti oleh Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, Dansatrad 223 Balikpapn, Ibu Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapn, Ibu Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 003 Satrad 223, pejabat Lanud Balikpapn , pejabat Satrad 223, Purnawirawan, warakawuri, serta seluruh Anggota Lanud Balikpapan dan Satrad 223 Balikpapan.

Acara syukuran HUT TNI AU yang ke-68 dimulai dengan pemotongan tumpeng oleh Komandan Lanud Balikpapan yang didampingi oleh Ketua PPAU dan diserahkan kapada Lettu Sus Rojib, serta Komandan Lanud menjelaskan kronologis dan arti pembuatan sebuah tumpeng, dan kemudian Komandan Lanud menyerahkan sembako secara simbolis kepada Anggota Lanud Balikpapn dan Pns.

Selanjutnya acara syukuran HUT TNI AU dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan atau taliasih dari Komandan Lanud Balikpapan kepada Anggota Lanud / Perwira Lanud Balikpapan yang melaksanakan mutasi dan pindah dari Lanud Balikpapan, serta acara pembagian pemenang hadiah perlombaan bagi Anggota Lanud Balikpapan.

Kemudian syukuran HUT TNI AU ke-68 yang dilaksanakan di Pantai Lanud Balikpapan, diakhiri dengan acara ramah tamah dan hiburan. Acara hiburan diisi dengan joged dan goyang bersama yang langsung dipimpin oleh Komandan Lanud Balikpapan, seluruh perwira Lanud dan perwira Satrad 223 dan diikuti oleh seluruh Anggota Lanud Balikpapn, Anggota Satrad 223 Balikpapan serta Ibu-Ibu PIa Ardhya Garini dipantai Lanud Balikpapan.

UPACARA HUT KE 68 TNI AU DI LANUD BALIKPAPAN

Peringatan Hut TNI AU yang ke-68 di Lanud Balikpapan, Rabu (9/4) di laksanakan dengan upacara militer dan Komandan Lanud Balikpapan Kol Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso M.M bertindak selaku insepktur upacara, yang diikuti oleh seluruh anggota Lanud dan Satrad 223 Balikpapan mulai dari Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negri Sipil.

Upacara dilaksanakan secara sederhana namun khidmat tersebut di hadiri oleh Dan Satrad 223 Letkol Lek Djoko Nugroho S.T., Ketua PPAU Balikpapan Peltu (Purn) Sarpan beserta anggotanya serta Ketua Pia Ardhya Garini Cab. 11 D/II Lanud Balikpapan Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Anak Ranting 003 Satrad 223 beserta pengurus.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia , dalam sambutanya yang di bacakan oleh Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso M,M mengatakan Membangun Kekuatan Udara yang moderen dan tangguh tentunya tidak dapat dilakukan dalam waktu sekejap, namun disisi lain juga tidak harus menunggu sampai musuh datang mengeksplorasi potensi sumber daya nasional, termasuk potensi dirgantara nasional. Oleh karena itu perlu sebuah konsepsi strategis yang mencakup tujuan dan sasaran, kepentingan, kebijakan, komitmen serta program kerja yang realistis yang dapat dilaksanakan secara bertahap, berlanjut dan berkesinambungan, agar performa Angkatan Udara yang moderen dan tangguh dapat diwujudkan.

Selesai upacara dilanjutkan dengan acara Syukuran dan ramah tamah yang dikuti oleh para undangan maupun anggota Lanud dan Satrad 223 .Balikpapan.

.