ANGGOTA LANUD BALIKPAPAN IKUT DONOR DARAH HUT TNI KE-69

Dalam rangka menyambut peringatan   HUT TNI Ke-69, Lanud Balikpapan mengirimkan 15 anggota yang dipimpin oleh Kadispers Lanud Balikpapan Letkol.Adm Moechlisin,M.Si dan Ibu-Ibu PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan  untuk ikut serta dalam rangka kegiatan Bhakti sosial kesehatan berupa donor darah yang diikuti oleh personel TNI/Polri,Insub serta masyarakat umum yang ingin mendonorkan darahnya yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di Rumah Sakit Tentara(RST) , Selasa (2/9).

Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan HUT TNI ke-69  yang puncaknya akan diperingati pada tanggal 5 Oktober 2014. Donor darah ini diikuti oleh 200 pendonor dan berhasil mengumpulkan sebanyak 200 kantong darah. Seluruh pendonor diambil darahnya sebanyak 1 kantong atau sekitar 250 ml dengan berbagai jenis golongan darah. Di setiap tetes darah yang pendonor berikan merupakan amalan yang sangat mulia. Darah pendonor merupakan bantuan kemanusiaan yang tiada tara harga dan faedahnya bagi sesama yang memerlukan darah dalam berjuang mempertahankan nyawa. Selain itu, kegiatan tersebut merupakan wujud nyata kepedulian sosial dan rasa solidaritas segenap anggota TNI  dalam membantu masyarakat melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

Kegiatan donor darah ini selain diikuti oleh para anggota Lanud Balikpapan anggota Kodam VI Mulawarman, Lanal Balikpapan,  Den zipur, Kepolisian  serta Ibu-Ibu PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan, Ibu-Ibu Persit Kartika Candra Kirana, dan Ibu-Ibu Lanal Balikpapan serta masyarakat umum.

GELAR FLAYING DENTIST DI LANUD BALIKPAPAN

Menyadari betapa pentingnya kesehatan gigi dan mulut bagi para personel TNI AU, tim Flying Dentist Lembaga Kesehatan Gigi dan Mulut (Lakesgilut) Mabesau mengunjungi Lanud Balikpapan dan menggelar perawatan gigi dan mulut bagi anggota Pangkalan Angkatan Udara Lanud Balikpapan dan keluarga, yang dilaksanakan di Rumah sakit Lanud Balikpapan , Selasa (2/9). Tim Lagesgilut dipimpin oleh Letkol Kes Drg.Hedis.H  dan  Drg. Aries.W serta 1(satu) orang anggota sebagai Asisten.

Komandan lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso M.M, mewakili warga Lanud menyambut baik digelarnya pengobatan ini, beliau berharap manfaatkan sebaik mungkin agar anggota dan keluarganya bisa konsultasi serta  menyampaikan keluhan yang berhubungan dengan gigi dan mulut, dan  bisa diperiksakan langsung kepada tim Flying Dentist agar anggota Lanud Balikpapan  bebas dari keluhan gigi dan mulut, dan apabila gigi dan mulut kita sehat maka segala macam kegiatan yang kita lakukan akan lebih mudah dan tidak ada gangguan.

Dalam kegiatan tersebut anggota dan keluarganya dapat berkonsultasi langsung kepada Tim Flying Dentist yang dipimpin langsung oleh Letkol.Kes Drg,Hedis.H berkaitan dengan masalah gigi dan mulut, yang dilaksanakan selam 2(dua hari). Hadir pada acara tersebut Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso M.M, para Kadis Lanud Balikpapan, anggota Lanud Balikpapan serta warga Lanud Balikpapan.

PERTANDINGAN SEPAK BOLA PERSAHABATAN LANUD BALIKPAPAN DENGAN PERSIBA U.21

Untuk menjalin silaturrahmi dan memupuk persahabatan serta mencari bibit pemain sepak bola berbakat, Lanud Balikpapan mengadakan pertandingan sepak bola persahabatan antara Tim Sepak Bola Lanud Balikpapan dengan Tim Sepak Bola Persiba U.21 bertempat di lapangan Sepak Bola Bima Sakti Lanud Balikpapan, Selasa (26/8).

Sebelum Pertandingan persahabatan dimulai kedua Tim   melaksanakan foto bersama supaya lebih mempererat talisilahturahmi diantara kedua Tim, kemudian Mayor Kes Sapi’i selakau Kasi Binjas Lanud Balikpapan berpesan, walaupun pertandingan ini hanya sekedar pertandingan  persahabatan tunjukkan sikap Sportifitas, kekompakan diantara Tim dan hindari permainan keras yang dapat menciderai lawan.

Pertandingan persahabatan ini bagi Persiba U.21  merupakan agenda persiapan Tour Papua, untuk pertandingan yang dilaksanakan oleh   ISL dua belas besar pada tgl 28 Agustus di Papua, tegas Azis selaku pelatih Persiba U.21. Para pemain Persiba U.21  diperkuat oleh pemain dari anak-anak Balikpapan yang direkrut melalui Turnamen Porkot 21 yang dilaksanakan diLapangan Persiba Balikpapan.

Pada pertandingan persahabatan ini sangat seru antara pemain Lanud Balikpapan dengan Persiba U.21, satu sama lain saling memperebutkan bola dan saling serang, akhirnya Tim Lanud Balikpapan kalah oleh Tim Persiba U.21 dengan skor 5-1.

UPACARA BENDERA MINGGUAN DILANUD BALIKPAPAN

Segenap anggota militer dan pegawai negeri sipil Lanud Balikpapan melaksanakan upacara Bendera Mingguan yang rutin dilaksanakan, bertempat di lapangan apel mako Lanud Balikpapan, bertindak sebagai Inspektur Upacara Kadispers Lanud Balikpapan Letkol.Adm Moechlisin,M.Si, Senin, (25/8).

Upacara dilaksanakan dengan lancar dan khidmat yang diikuti oleh seluruh pejabat jajaran Lanud Balikpapan, seluruh personel Lanud Balikpapan, Perwira, Bintara, Tamtama, serta Pns, adapun sebagai komandan upacara Kapten.Lek Mulyono.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan pemeriksaan kerapian, pemeriksaan identitas diri,  dan pemberian santi aji dan pengarahan untuk kegiatan kedepan yang akan dilaksanakan  oleh para Kadis kepada seluruh personel Lanud Balikpapan baik militer maupun pegawai negeri sipil.

PERINGATAN HUT RI KE 69 DI KOTA BALIKPAPAN

Keluarga Besar Lanud Balikpapan turut memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 di kota Balikpapan dengan mengikuti Upacara Peringatan yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka kota Balikpapan (17/8), serta diikuti oleh seluruh jajaran TNI/POLRI dan komponen masyarakat dengan Inspektur Upacara Walikota Balikpapan H. Rizal Efendi turut hadir para pejabat TNI/Polri termasuk Danlanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir. Tri Bowo Budisantoso MM dan pejabat sipil lainnya, veteran, organisasi kemasyarakatan pemuda, partai politik dan lainnya.

Upacara dimulai pukul 10.00 WITA diawali pengibaran Bendera Merah Putih dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) kota Balikpapan, Pada upacara kali ini Bertindak sebagai Komandan Upacara Mayor POM Karyanto yang sehari-hari menjabat sebagai Dansat POM Lanud Balikpapan.

Pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-69 tahun 2014 kota Balikpapan, partisipasi prajurit TNI AU selain upacara puncak detik-detik proklamasi sebelumnya juga telah mengikuti berbagai acara pendukung, AKRS (Apel Kehormatan dan Renungan Suci).

PERSONEL LANUD BALIKPAPAN MENGIKUTI GLADI KOTOR DAN BERSIH HUT RI KE-69 DILAPANGAN MERDEKA BALIKPAPAN

Sebanyak 33 personil Lanud Balikpapan mengikuti gladi bersih dan kotor pada Upacara peringatan HUT RI ke-69 di Lapangan Merdeka Balikpapan, Kamis (14/8). Pasukan dari Lanud Balikpapan tergabung dengan pasukan Lanal Balikpapan, Raider, Kodim, Kepolisian, serta  Instansi yang lainnya.

Menurut Komandan Lanud  Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, menjelaskan bagi personel Lanud Balikpapan setiap tahun selalu mengirimkan pasukannya dalam rangka HUT RI, baik yang  pelaksanaan  Upacaranya  diBalikpapan maupun diSamarinda(Kaltim).  Apabila kita menyadari sejarah perjuangan Bangsa di masa penjajahan yang lalu, di mana para pejuang kemerdekaan yang telah rela mengorbakan jiwa dan raga demi satu tekad harga mati yakni kemerdekaan. Tugas seperti ini belum sebanding dengan apa yang telah  dilakukan oleh para pejuang kita terdahulu, tegas Danlanud.

Danlanud juga mengingatkan, apabila ada kesempatan untuk berlatih  gunakan untuk berlatih dan berlatih, sehingga pada saat  pelaksanaan  upacaranya dapat berjalan dengan lancar serta bisa  tampil dengan maksimal sekaligus membanggakan. Dalam upacara peringatan HUT RI ke-69 diBalikpapan sebagai komandan Upacara pada saat penaikan Bendera Merah Putih adalah Dansatpomau  Lanud Balikpapan Mayor.Pom Karyanto.  Sementara peserta upacara selain pasukan gabungan dari TNI-Polri sekota Balikpapan, juga akan diikuti oleh masyarakat Balikpapan,  ormas-ormas yang ada diBalikpapan, pelajar seluruh Balikpapan, serta beberapa SKPD Balikpapan.

SHOLAT DHUHA BERJAMAAH DAN BACA YASIN DILANUD BALIKPAPAN

Setelah selesai melaksanakan apel pagi seluruh  personel Lanud Balikpapan melaksanakan Shalat Dhuha bersama dan baca Yasin bertempat di Masjid Al-Amin Lanud Balikpapan, Rabu (13/8).

Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M dalam arahannya mengatakan, kegiatan Shalat Dhuha dan baca surat Yasin ini dimaksudkan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seluruh personel Lanud kepada Allah SWT, serta meningkatkan moral dan akhlaq bagi prajurit TNI Angkatan Udara Balikpapan.             Berbagai kegiatan keagamaan lainnya juga sering dilaksanakan oleh personel Lanud Balikpapan,  seperti setiap malam minggu dilaksanakan ceramah keagamaan dari Ustadz yang sudah ditunjuk oleh pengurus Mesjid Al-Amin untuk seluruh personel Lanud Balikpapan dan keluarga, Shalat Shubuh berjamaah, serta mendengarkan kultum setiap Sholat Subuh.

Di akhir ceramahnya Danlanud Balikpapan, mengajak kepada seluruh personel Lanud Balikpapan untuk selalu mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT, dengan selalu menjalankan perintah Nya, dan menjauhi larangannya, serta selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hadir dalam kegitan tersebut para Kepala Dinas, Dansatpom, Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS Lanud, sebagai penutup acara dilaksanakan doa bersama.

SYUKURAN HUT WANITA TNI ANGKATAN UDARA KE-51 DILANUD BALIKPAPAN

Wara Lanud Balikpapan merayakan HUT ke-51 Wanita TNI Angkatan Udara yang jatuh pada tanggal 12 Agustus 2014,mengadakan syukuran secara sederhana di Pantai  Indah Angkasa, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai  ungkapan rasa terima kasih kepada para Srikandi TNI Angkatan Udara  yang telah mendharma-baktikan dirinya bagi kejayaan Angkatan Udara sejak tahun 1963. Acara ini  dihadiri oleh Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, para Kepala Dinas, Anggota Lanud Balikpapan, Perwira, Bintara, Tamtama, PNS, serta Ketua PIA Ardya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan dan Ibu-Ibu pengurus PIA Ardya Garini, Selasa (12/8).

Acara syukuran ini diawali dengan kegiatan penanaman pohon didepan Geshouse Lanud Balikpapan. Dalam sambutannya Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, memberikan ucapan selamat kepada Wara yang ada di Lanud Balikpapan dan berharap agar wara kedepan akan lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya kepada Bangsa dan Negara melalui TNI Angkatan Udara, apa yang telah dicapai Wara saat ini bukanlah hal yang mudah mengingat, setiap prajurit Wara mengemban multi tugas, baik selaku prajurit TNI Angkatan Udara maupun selaku ibu rumah tangga, dan agar kedua fungsi tersebut dapat diperankan oleh Wara dengan sebaik-baiknya, Pada akhir sambutannya, Danlanud mengajak semua yang hadir untuk mendoakan dihari Ulang Tahunnya yang ke-51, semoga  Wara selalu dilindungi dan diberkati oleh ALLAH SWT, Selamat Ulang Tahun Wara semoga semakin sukses dan jaya selamanya.

Dalam sambutannya Pater Wara Lanud Balikpapan  yang diwakili oleh Lettu Kes Herlim Pali A.Md mengucapkan terima kasih kepada Komandan Lanud beserta Ibu Ketua PIA Ardya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan yang telah mendukung acara syukuran ini sehingga dapat berjalan dengan lancar, ujar  Herlim  kita sebagai Wanita TNI Angkatan Udara seharusnya selalu lebih meningkatkan kinerja kita dan profesional dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

UPACARA HARI BHAKTI TNI AU KE-67 DILANUD BALIKPAPAN

Upacara dalam rangka memperingati Hari Bhakti ke-67 TNI Angkatan Udara dilaksanakan secara sederhana,  dilapangan apel Lanud Balikpapan, dipimpin langsung Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, dan diikuti oleh seluruh pejabat Lanud Balikpapan, perwira, Bintara, Tamtama, PNS serta Anggota Satrad 223 Balikpapan, Kamis (7/8).

Dalam sambutannya kepala staf Angkatan Udara Marsekal TNI I.B. Putu Dunia yang dibacakan oleh Iinspektur Upacara Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, menekankan, kita sebagai generasi penerus wajib melanjutkan nilai-nilai dan semangat pengabdian para pahlawan, para pendahulu dan para senior TNI AU, dengan meneguhkan tekad untuk senantiasa membangun jiwa dan semangat pengabdian, serta tekad untuk mewujudkan cita-cita beliau yang juga merupakan cita-cita kita semua.

Nilai-nilai perjuangan para pendahulu TNI Angkatan Udara dan para pahlawan sebagaimana yang telah dipersembahkan, yaitu keunggulan moral, pantang menyerah, rela berkorban, dan senantiasa bersama-sama rakyat, merupakan bentuk militansi yang    harus    senantiasa    tumbuh    dan berkembang di dalam diri setiap prajurit Angkatan Udara dari generasi ke generasi.mengalir dari nilai-nilai tersebut, terkandung dan terpatri 3 (tiga) peran, yaituTNI Angkatan Udara sebagai kekuatan pertahanan Negara yang militan sekaligus sebagai kekuatan moral dan kekuatan kultural bangsa yang berjati diri pancasila. peran itu sejalan dengan jati diri TNI, sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara nasional yang profesional.

Setelah selesai Upacara dilanjutkan acara  Halal-bihalal bertempat di Pantai Indah Angkasa yang diikuti oleh seluruh anggota Lanud Balikpapan,,anggota Satrad 223 Balikpapan,  Ibu-ibu PIA Ardhya Garini, Ibu-ibu IKKT Pragati Wira Anggini Anak Ranting Cabang 003 Satrad 223 Balikpapan, serta Purnawirawan TNI AU, Warakawuri dan rekan Wartawan dari media cetak dan elektronik yang ada dikota Balikpapan. yang dilaksanakan.

ZIARAH ROMBONGAN DALAM RAMGKA HARI BHAKTI KE 67 TNI ANGKATAN UDARA DI LANUD BALIKPAPAN

Dalam rangka memperingati Hari Bakti ke-67 TNI Angkatan Udara, Lanud Balikpapan melaksanakan  ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Dharma Agung Balikpapan,,Rabu(6/8).

Pelaksanaan ziarah rombongan dipimpin oleh Komandan Lanud Balikpapan Kolonel  Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso M.M  dan, diikuti oleh para pejabat dan personil Lanud Balikpapan dan Strad 223, Perwira, Bintara, Tamtama, PNS serta Ibu-Ibu PIA Ardhya Garini Cabang 11 / Daerah II Lanud Balikpapan, IKKT Pragati Wira Anggini Anak Ranting Cabang 003 Satrad 223 Balikpapan.

Pelaksanaan ziarah ditandai dengan peletakan karangan bunga oleh Komandan Lanud Balikpapan  di tugu TMP Dharma Agung selaku pimpinan Ziarah, Selanjutnya dilaksanakan tabur bunga bersama oleh seluruh rombongan ziarah. Pelaksanaan ziarah dan tabur bunga tidak hanya semata-mata memberikan penghormatan dan menaburkan bunga di pusara para pahlawan kesuma bangsa, tetapi diharapkan menjadi bahan kontemplasi bagi para generasi penerus masa kini dan masa yang akan datang tentang patriotisme dan semangat nasionalisme yang menjadi dasar perjuangan mereka.

Puncak peringatan Hari Bakti ke-67 TNI Angkatan Udara akan dilaksanakan upacara militer pada hari Kamis tanggal 7 agustus 2014 di Lapangan Apel Lanud Balikpapan yang diikuti oleh seluruh personel Lanud Balikpapan dan Satrad 223Balikpapan.