PERINGATAN HUT RI KE 69 DI KOTA BALIKPAPAN

Keluarga Besar Lanud Balikpapan turut memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 di kota Balikpapan dengan mengikuti Upacara Peringatan yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka kota Balikpapan (17/8), serta diikuti oleh seluruh jajaran TNI/POLRI dan komponen masyarakat dengan Inspektur Upacara Walikota Balikpapan H. Rizal Efendi turut hadir para pejabat TNI/Polri termasuk Danlanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir. Tri Bowo Budisantoso MM dan pejabat sipil lainnya, veteran, organisasi kemasyarakatan pemuda, partai politik dan lainnya.

Upacara dimulai pukul 10.00 WITA diawali pengibaran Bendera Merah Putih dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) kota Balikpapan, Pada upacara kali ini Bertindak sebagai Komandan Upacara Mayor POM Karyanto yang sehari-hari menjabat sebagai Dansat POM Lanud Balikpapan.

Pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-69 tahun 2014 kota Balikpapan, partisipasi prajurit TNI AU selain upacara puncak detik-detik proklamasi sebelumnya juga telah mengikuti berbagai acara pendukung, AKRS (Apel Kehormatan dan Renungan Suci).

PERSONEL LANUD BALIKPAPAN MENGIKUTI GLADI KOTOR DAN BERSIH HUT RI KE-69 DILAPANGAN MERDEKA BALIKPAPAN

Sebanyak 33 personil Lanud Balikpapan mengikuti gladi bersih dan kotor pada Upacara peringatan HUT RI ke-69 di Lapangan Merdeka Balikpapan, Kamis (14/8). Pasukan dari Lanud Balikpapan tergabung dengan pasukan Lanal Balikpapan, Raider, Kodim, Kepolisian, serta  Instansi yang lainnya.

Menurut Komandan Lanud  Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, menjelaskan bagi personel Lanud Balikpapan setiap tahun selalu mengirimkan pasukannya dalam rangka HUT RI, baik yang  pelaksanaan  Upacaranya  diBalikpapan maupun diSamarinda(Kaltim).  Apabila kita menyadari sejarah perjuangan Bangsa di masa penjajahan yang lalu, di mana para pejuang kemerdekaan yang telah rela mengorbakan jiwa dan raga demi satu tekad harga mati yakni kemerdekaan. Tugas seperti ini belum sebanding dengan apa yang telah  dilakukan oleh para pejuang kita terdahulu, tegas Danlanud.

Danlanud juga mengingatkan, apabila ada kesempatan untuk berlatih  gunakan untuk berlatih dan berlatih, sehingga pada saat  pelaksanaan  upacaranya dapat berjalan dengan lancar serta bisa  tampil dengan maksimal sekaligus membanggakan. Dalam upacara peringatan HUT RI ke-69 diBalikpapan sebagai komandan Upacara pada saat penaikan Bendera Merah Putih adalah Dansatpomau  Lanud Balikpapan Mayor.Pom Karyanto.  Sementara peserta upacara selain pasukan gabungan dari TNI-Polri sekota Balikpapan, juga akan diikuti oleh masyarakat Balikpapan,  ormas-ormas yang ada diBalikpapan, pelajar seluruh Balikpapan, serta beberapa SKPD Balikpapan.

SHOLAT DHUHA BERJAMAAH DAN BACA YASIN DILANUD BALIKPAPAN

Setelah selesai melaksanakan apel pagi seluruh  personel Lanud Balikpapan melaksanakan Shalat Dhuha bersama dan baca Yasin bertempat di Masjid Al-Amin Lanud Balikpapan, Rabu (13/8).

Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M dalam arahannya mengatakan, kegiatan Shalat Dhuha dan baca surat Yasin ini dimaksudkan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seluruh personel Lanud kepada Allah SWT, serta meningkatkan moral dan akhlaq bagi prajurit TNI Angkatan Udara Balikpapan.             Berbagai kegiatan keagamaan lainnya juga sering dilaksanakan oleh personel Lanud Balikpapan,  seperti setiap malam minggu dilaksanakan ceramah keagamaan dari Ustadz yang sudah ditunjuk oleh pengurus Mesjid Al-Amin untuk seluruh personel Lanud Balikpapan dan keluarga, Shalat Shubuh berjamaah, serta mendengarkan kultum setiap Sholat Subuh.

Di akhir ceramahnya Danlanud Balikpapan, mengajak kepada seluruh personel Lanud Balikpapan untuk selalu mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT, dengan selalu menjalankan perintah Nya, dan menjauhi larangannya, serta selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hadir dalam kegitan tersebut para Kepala Dinas, Dansatpom, Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS Lanud, sebagai penutup acara dilaksanakan doa bersama.

SYUKURAN HUT WANITA TNI ANGKATAN UDARA KE-51 DILANUD BALIKPAPAN

Wara Lanud Balikpapan merayakan HUT ke-51 Wanita TNI Angkatan Udara yang jatuh pada tanggal 12 Agustus 2014,mengadakan syukuran secara sederhana di Pantai  Indah Angkasa, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai  ungkapan rasa terima kasih kepada para Srikandi TNI Angkatan Udara  yang telah mendharma-baktikan dirinya bagi kejayaan Angkatan Udara sejak tahun 1963. Acara ini  dihadiri oleh Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, para Kepala Dinas, Anggota Lanud Balikpapan, Perwira, Bintara, Tamtama, PNS, serta Ketua PIA Ardya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan dan Ibu-Ibu pengurus PIA Ardya Garini, Selasa (12/8).

Acara syukuran ini diawali dengan kegiatan penanaman pohon didepan Geshouse Lanud Balikpapan. Dalam sambutannya Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, memberikan ucapan selamat kepada Wara yang ada di Lanud Balikpapan dan berharap agar wara kedepan akan lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya kepada Bangsa dan Negara melalui TNI Angkatan Udara, apa yang telah dicapai Wara saat ini bukanlah hal yang mudah mengingat, setiap prajurit Wara mengemban multi tugas, baik selaku prajurit TNI Angkatan Udara maupun selaku ibu rumah tangga, dan agar kedua fungsi tersebut dapat diperankan oleh Wara dengan sebaik-baiknya, Pada akhir sambutannya, Danlanud mengajak semua yang hadir untuk mendoakan dihari Ulang Tahunnya yang ke-51, semoga  Wara selalu dilindungi dan diberkati oleh ALLAH SWT, Selamat Ulang Tahun Wara semoga semakin sukses dan jaya selamanya.

Dalam sambutannya Pater Wara Lanud Balikpapan  yang diwakili oleh Lettu Kes Herlim Pali A.Md mengucapkan terima kasih kepada Komandan Lanud beserta Ibu Ketua PIA Ardya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan yang telah mendukung acara syukuran ini sehingga dapat berjalan dengan lancar, ujar  Herlim  kita sebagai Wanita TNI Angkatan Udara seharusnya selalu lebih meningkatkan kinerja kita dan profesional dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

UPACARA HARI BHAKTI TNI AU KE-67 DILANUD BALIKPAPAN

Upacara dalam rangka memperingati Hari Bhakti ke-67 TNI Angkatan Udara dilaksanakan secara sederhana,  dilapangan apel Lanud Balikpapan, dipimpin langsung Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, dan diikuti oleh seluruh pejabat Lanud Balikpapan, perwira, Bintara, Tamtama, PNS serta Anggota Satrad 223 Balikpapan, Kamis (7/8).

Dalam sambutannya kepala staf Angkatan Udara Marsekal TNI I.B. Putu Dunia yang dibacakan oleh Iinspektur Upacara Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, menekankan, kita sebagai generasi penerus wajib melanjutkan nilai-nilai dan semangat pengabdian para pahlawan, para pendahulu dan para senior TNI AU, dengan meneguhkan tekad untuk senantiasa membangun jiwa dan semangat pengabdian, serta tekad untuk mewujudkan cita-cita beliau yang juga merupakan cita-cita kita semua.

Nilai-nilai perjuangan para pendahulu TNI Angkatan Udara dan para pahlawan sebagaimana yang telah dipersembahkan, yaitu keunggulan moral, pantang menyerah, rela berkorban, dan senantiasa bersama-sama rakyat, merupakan bentuk militansi yang    harus    senantiasa    tumbuh    dan berkembang di dalam diri setiap prajurit Angkatan Udara dari generasi ke generasi.mengalir dari nilai-nilai tersebut, terkandung dan terpatri 3 (tiga) peran, yaituTNI Angkatan Udara sebagai kekuatan pertahanan Negara yang militan sekaligus sebagai kekuatan moral dan kekuatan kultural bangsa yang berjati diri pancasila. peran itu sejalan dengan jati diri TNI, sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara nasional yang profesional.

Setelah selesai Upacara dilanjutkan acara  Halal-bihalal bertempat di Pantai Indah Angkasa yang diikuti oleh seluruh anggota Lanud Balikpapan,,anggota Satrad 223 Balikpapan,  Ibu-ibu PIA Ardhya Garini, Ibu-ibu IKKT Pragati Wira Anggini Anak Ranting Cabang 003 Satrad 223 Balikpapan, serta Purnawirawan TNI AU, Warakawuri dan rekan Wartawan dari media cetak dan elektronik yang ada dikota Balikpapan. yang dilaksanakan.

ZIARAH ROMBONGAN DALAM RAMGKA HARI BHAKTI KE 67 TNI ANGKATAN UDARA DI LANUD BALIKPAPAN

Dalam rangka memperingati Hari Bakti ke-67 TNI Angkatan Udara, Lanud Balikpapan melaksanakan  ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Dharma Agung Balikpapan,,Rabu(6/8).

Pelaksanaan ziarah rombongan dipimpin oleh Komandan Lanud Balikpapan Kolonel  Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso M.M  dan, diikuti oleh para pejabat dan personil Lanud Balikpapan dan Strad 223, Perwira, Bintara, Tamtama, PNS serta Ibu-Ibu PIA Ardhya Garini Cabang 11 / Daerah II Lanud Balikpapan, IKKT Pragati Wira Anggini Anak Ranting Cabang 003 Satrad 223 Balikpapan.

Pelaksanaan ziarah ditandai dengan peletakan karangan bunga oleh Komandan Lanud Balikpapan  di tugu TMP Dharma Agung selaku pimpinan Ziarah, Selanjutnya dilaksanakan tabur bunga bersama oleh seluruh rombongan ziarah. Pelaksanaan ziarah dan tabur bunga tidak hanya semata-mata memberikan penghormatan dan menaburkan bunga di pusara para pahlawan kesuma bangsa, tetapi diharapkan menjadi bahan kontemplasi bagi para generasi penerus masa kini dan masa yang akan datang tentang patriotisme dan semangat nasionalisme yang menjadi dasar perjuangan mereka.

Puncak peringatan Hari Bakti ke-67 TNI Angkatan Udara akan dilaksanakan upacara militer pada hari Kamis tanggal 7 agustus 2014 di Lapangan Apel Lanud Balikpapan yang diikuti oleh seluruh personel Lanud Balikpapan dan Satrad 223Balikpapan.

 

HALAL BIHALAL DI LANUD BALIKPAPAN

Setelah sebulan penuh umat muslim menjalankan ibadah puasa dan libur lebaran untuk merayakan hari raya Idul fitri 1435 H,  segenap  anggota Lanud Balikpapan mengadakan halal bihalal dan saling bermaafan di Lapangan apel Lanud Balikpapan, Senin (4/8). Acara yang dilaksanakan setelah apel pagi ini dihadiri Komandan Lanud Kolonel Pnb Ir. Tri Bowo Budi Santoso M.M para Kepala Dinas, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lanud Balikpapan

Kegiatan halal bihalal  di Lanud Balikpapan ini sudah merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap tahun.  Masih  dalam suasana hari Idul Fitri inilah momentum yang sangat baik, untuk kita saling memaafkan sehingga dosa-dosa kita dimasa lalu terhadap orang lain dapat terhapus.  Momentum seperti ini hendaknya dapat kita jadikan untuk instropeksi diri dimana selama setahun bergaul dan bekerja sama, baik kepada rekan sekantor, kepada atasan  atau bawahan banyak terdapat kesalahan dan dosa, baik yang disengaja ataupun tidak disengaja,  kesempatan inilah sangat baik untuk kita saling memaafkan secara tulus dan ikhlas

Ucap syukur dan terima kasih terlontar dari Danlanud Kolonel Pnb Ir. Tri Bowo Budi Santoso M.M  kepada anggotanya, karena dalam melaksanakan cuti lebaran pada tahun ini, seluruh anggota Lanud Balikpapan dalam keadaan selamat dan tidak ada yang terlambat masuk kerja kembali, serta dalam keadan sehat wal’afiat sesuai yang diharapkannya. (Pentak Lanud Bpp).

Open House Di Kediaman Komandan Lanud Balikpapan

Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir. Tri Bowo Budi Santoso M.M. melaksanakan kegiatan Open House di rumah dinas Jln Milono no 26, dihadiri seluruh anggota militer dan PNS beserta keluarga serta anggota satuan Radar 223 yang tidak melaksanakan mudik lebaran, Senin (28 /7).

Tradisi bernuansa Islami dengan melakukan kunjungan silaturahmi kepada kerabat, rekan, orang yang lebih dituakan atau pimpinan bersama dengan keluarga sesaat setelah usai menjalankan shalat Idul Fitri untuk berjabat tangan saling maaf memaafkan sudah menjadi bagian dari prosesi perayaan hari raya umat Islam Idul Fitri. Dan momentum ini dimanfaatkan oleh sebagian besar pejabat/pimpinan untuk lebih mempererat hubungan silaturahmi selain dengan bawahannya termasuk juga kepada keluarganya.

Meskipun dilaksanakan secara sederhana namun tidak mengurangi makna dan acara berlangsung meriah sehingga tercipta suasana kekeluargaan penuh keakraban. Acara open house tersebut berlangsung dari pukul 11.00 s/d 16.00 wita.

SHOLAT IDUL FITRI DI LANUD BALIKPAPAN

Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir. Tri Bowo Budi Santoso M.M. beserta Segenap umat muslim keluarga besar Lanud Balikpapan dan masyarakat sekitar Lanud melaksanakan sholat Idul Fitri 1435 H bersama yang bertempat di Lapangan sepak bola bima sakti Lanud Balikpapan dengan Imam dan khotib ustadz bapak Faturahman, Senin (28/7).

Dalam sambutannya, Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir. Tri Bowo Budi Santoso M.M. mengatakan, bahwa dengan hikmah puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri 1435 H  kita mantapkan iman dan taqwa serta komunikasi sosial Prajurit TNI dengan rakyat guna memperkokoh persatuan dan kesatuan khususnya bila dikaitkan dengan situasi dan kondisi prajurit lanud balikpapan.  maknanya setelah berpuasa sebulan penuh dan dilanjutkan dengan sholat idul fitri diharapkan kadar keimanan dan ketaqwaan para prajurit makin meningkat. ini merupakan bekal penting prajurit dalam menjalankan aktifitasnya, baik dalam konteks kedinasan maupun kehidupan sehari-hari  bermasyarakat.

Sementara itu, khotib ustadz bapak Faturahman dalam khotbahnya menyampaikan bahwa Idul Fitri memiliki makna yang dalam dan luas yang melambangkan keluhuran dan kesucian agama Islam sebagai agama yang memiliki kepedulian sosial yang amat besar serta mengutamakan moral dan akhlakul karimah dalam mewujudkan perdamaian dan kedamaian, untuk itulah syariat islam menuntun dan menuntut kita untuk melaksanakan amal shaleh dan amal kebajikan yang bermanfaat bagi sesama umat manusia sekaligus menjadi persiapan kita menuju kehidupan akhirat nanti yang abadi. Bakti seorang anak kepada orang tua juga menjadi point penting yang di sampaikannya dalam khotbah.

KUNJUNGAN KEPALA DINAS PARIWISATA KOTA BALIKPAPAN

Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir. Tri Bowo Budi Santoso M.M, menerima kunjungan Kepala Dinas Olah Raga budaya dan Pariwisata kota Balikpapan ibu Oemy pacessly. Acara penerimaan berlangsung di Pantai Indah Angkasa Lanud Balikpapan, Rabu (23/7).

Kunjungan Kepala Dinas Olah Raga budaya dan Pariwisata kota Balikpapan ke Lanud Balikpapan dalam rangka meninjau Pantai Indah Angkasa sebagai pantai dan tempat rekreasi alternatif guna menunjang pemda kota Balikpapan dalam rangka menghadapi liburan hari raya idul fitri, yang mana setiap tahun selalu saja mengalami peningkatan pengunjung ke daerah wisata di sekitar kota Balikpapan.

Kepala Dinas sangat senang dan bangga melihat hasil kreasi dan inovasi Danlanud yang telah memanfaatkan barang-barang bekas antara lain perahu-perahu bekas menjadi meja dan kayu glondongan yang terbawa di sekitar pantai lanud menjadi meja dan kursi serta ban-ban bekas menjadi ayunan untuk menunjang fasilitas permainan anak-anak.

Pembangunan Pantai Indah Angkasa ini merupakan ide dan kreasi dari Danlanud, yang pelaksanaannya bertujuan membangkitkan inspirasi para perwira muda dan anggota dimana memanfaatkan barang-barang terbuang disekitar pantai dan halaman lanud kemudian di kembangkan dengan sentuhan seni menjadi produk yang bernilai seni.

Danlanud berkata “ kalau harus beli semua orang bisa, tapi bagaimana kita berkreasi, berinovasi agar yang menurut orang tidak terpakai/terbuang dengan inovasi dan kreasi sedikit bisa di jadikan barang yang berguna dan bernilai seni, sehigga anggota terpicu untuk mengembangkan kreasinya dimanapun berada dan bertugas “

Harapan kedepan pantai Lanud Balikpapan dapat di jadikan alternatif salah satu obyek wisata andalan yang ada di wilayah kota Balikpapan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan anggota Lanud.

 

Recent Comments

Most Commented