HUT POMAU KE-68 DILANUD BALIKPAPAN

Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi santoso,M.M, bertindak selaku Inspektur upacara pada peringatan HUT Polisi Militer Angkatan Udara ( Pomau ) ke-68 diLapangan Mako Lanud Balikpapan, Jum;at (31/10).
HUT Polisi Militer Angkatan Udara ( Pomau ) ke-68 yang jatuh pada tanggal I Nopember 2014, diLanud Balikpapan dilaksanakan upacara secara sederhana yang diikuti oleh seluruh personel Lanud Balikpapan, Satrad 223 Balikpapan, terdiri dari perwira, bintara, tamtama, serta Pegawai Negeri Sipil.
Polisi Militer Angkatan Udara memiliki peran penting dan strategis dalam menyelenggarakan pemeliharaan, penegakan disiplin, tata tertib, penegakkan hukum serta penyelidikan kriminal dan pengamanan fisik Alutsista di lingkungan dan bagi kepentingan TNI Angkatan Udara.

Oleh karena itu, berbagai pelanggaran yang masih dilakukan prajurit di lingkungan Angkatan Udara, Polisi Militer sebagai penegak hukum, hendaknya tetap memelihara dan terus meningkatkan kegiatan operasinya dalam penertiban dan penegakan disiplin, hukum dan tata tertib baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan aparat terkait secara terencana, intensif dan berlanjut guna mengeliminir kuantitas dan kualitas pelanggaran yang dilakukan prajurit, demikian sambutan Kasau Marsekal TNI I.B. Putu Dunia yang dibacakan Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, pada saat Upacara HUT ke-68 Polisi Militer Angkatan Udara (Pomau).

Peringatan HUT POMAU ke-68 tahun ini mengusung tema “Dengan dilandasi semangat wira waskita, Pomau siap melaksanakan tugas penegakkan hukum, disiplin dan tata tertib secara profesional guna terciptanya postur Prajurit TNI Angkatan Udara yang berdisiplin tinggi”. Setelah pelkasanaan upacara dilanjutkan dengan acara tambahan pemberian ucapan selamat kepada seluruh personel Satpom Lanud Balikpapanoleh Komandan Lanud Balikpapan dan diikuti oleh para pejabat Lanud, Satrad serta seluruh peserta upacara.

DAN LANUD BALIKPAPAN SAMBUT PANGKOSEK II

Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso M.M. di damping Ketua Pia 11/D II Lanud Balikpapan Ny. Ira Tri Bowo Budi Santoso, para pejabat Lanud Balikpapan beserta Komandan Satrad 223 Letkol Lek Joko Nugroho, S.T. Ketua Ikkt Pragati Wira Anggini Anak Ranting 003 Satrad 223, menyambut kedatangan Panglima Komando Sektor (Pangkosek) II Marsekal Pertama (Marsma) TNI Tatang Harlyansyah beserta Ketua Ikkt Pragati Wira Anggini ranting 03 Kosek Hanudnas II Ny. Irene Tatang Herlyansyah, para pejabat Kosek II di Base Ops Lanud Balikpapan (30/10).
Selanjutnya Pangkosek II beserta rombongan menuju ruang VIP Room untuk melakukan acara ramah tamah bersama para pejabat Lanud Balikpapan dan Satrad 223 Balikpapan. Kehadiran Pangkosek II di Lanud Balikpapan kali ini dalam rangka transit sebelum melanjutkan perjalanan menuju Lanud Tarakan Dalam rangka kunjungan kerja ke Satrad 225 Tarakan .

PENUTUPAN TMMD REGIONAL KE-93 TAHUN 2014

Bertempat di lapangan sepak bola Raider Kompi-B senapan dilaksanakan Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg Ke-93 Tahun Anggaran 2014. Pelaksanaan program TMMD Reg Ke-93 Kodim 0905 Balikpapan, Rabu ( 29/10 ).
Hadir dalam Upacara Penutupan TMMD ke-93 para Asisten Kodam VI Mulawarman, Dandim 0905 Balikpapan, Palksa Lanal Balikpapan, Kepala Dinas Logistik Lanud Balikpapan Mayor.Kal Hendratoko, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda, para peserta upacara dari Instansi Militer dilingkungan Balikpapan, Polri, Linmas, Mahasiswa dan pelajar.
Dalam sambutan Panglima TNI yang dibacakan Inspektur upacara Staf Ahli Pemerintahan kota Balikpapan menyampaikan Hasil TMMD regional ke-93 Kodim 0905 Balikpapan yang sudah dilaksanakan dan yang sudah dicapai adalah meliputi sasaran Fisik dan sasaran Non Fisik, sasaran fisik meliputi pembuatan jembatan, rehab tempat ibadah, pembangunan sekolah dan perbaikan jalan, dan sasaran Non fisik meliputi, Penyuluhan tentang Hukum, Pembinaan Bela Negara, penyuluhan tentang Siskamling, penyuluhan tentang agama, penyuluhan tentang keluarga berencana ( KB). Seusai upacara penutupan TMMD Reg Ke-93, Inspektur upacara beserta para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan warga masyarakat meninjau hasil kegiatan TMMD regional ke-93 yang sudah dilaksanakan dan dicapai.

KOMANDAN LANUD BALIKPAPAN HADIRI PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-86 DIBALIKPAPAN

Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo BudiSantoso M.M menghadiri upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 tahun 2014, bertempat di Lapangan Merdeka Kota Balikpapan . Selasa (28/10). Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Walikota Balikpapan H. Rizal Efendi S.E dengan peserta upacara terdiri dari Korpri, Pasukan TNI dan Polri termasuk anggota Lanud Balikpapan, Pelajar, Mahasiswa dan dihadiri oleh para pejabat Pemerintah Daerah,pejabat TNI dan POLRI se Balikpapan
Dalam sambutan tertulisnya Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrowi yang dibacakan Inspektur Upacara menyampaikan bahwa dalam sejarah perjuangan bangsa, Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum historis yang teramat penting dan menjadi bagian tak terpisahkan dari mata rantai perjuangan bangsa kita. Bagi para pemuda Indonesia, Sumpah Pemuda merupakan manifestasi dari kepeloporandan kepeduliannya untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang mandiri dan sejajar dengan bangsa bangsa lain di dunia. Sumpah Pemuda telah membulatkan tekad dan semangat seluruh anak bangsa untuk berjuang dan tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai upaya rongrongan terhadap disintegrasi bangsa dengan tekad NKRI adalah Harga Mati
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke – 86 tahun ini mengangkat tema ” Bangun Soliditas Pemuda Maju dan Berkelanjutan ”.Tema tersebut kata Menpora mengandung pesan bahwa kita berupaya agar para pemuda dapat memainkan perannya secara optimal sebagai perekat persatuan bangsa dalam pembangunan nasional.Soliditas pemuda sangat penting artinya untuk mencapai kemajuan pemuda sebagai syarat utama kemajuan suatu bangsa. Jika pemuda solid maka bangsa kita akan semakin maju, kuat dan bersatu, sehingga pembangunan dapat kita laksanakan secara lancar dan berkelanjutan.

JALAN SANTAI DAN OLARAGA BERSAMA HUT PIA KE-58 DILANUD BALIKPAPAN

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-58 PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan, mengelar jalan santai dan olahraga bersma yang dilaksanakan dilapangan apel Lanud Balikpapan, Minggu ( 26/10).
Jalan santai dan olahraga bersama dimulai dengan senam aerobic bersama yang dipimpin oleh para pesenam yang didatangkan dari sanggar senam yang ada dikota Balikpapan. Hadir dalam jalan santai dan olahraga bersama Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan Ny.Ira Tri Bowo Budi Santoso, Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, Komandan Satrad 223 Balikpapan, Ibu Ketua IKKT Satrad 223 Balikpapan, seluruh anggota Lanud Balikpapan, anggota Satrad 223 Balikpapan beserta keluarga serta masyarakat sekitar Lanud Balikpapan.
Komandan Lanud Balikpapan yang didampingi Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan dalam arahannya menyampaikan jalan santai dan olahraga bersama ini merupakan rangkaian kegiatan HUT PIA Ardhya Garini ke-58, dan banyak lagi agenda kegiatan yang akan dilaksankan dan sudah disiapkan oleh ibu-ibu PIA, olahraga bersama dilaksanakan selain untuk kesehatan juga untuk ajang saling silahturahmi diantara ibu-ibu PIA dan ibu-ibu IKKT Satrad 223 Balikpapan, ujar Ketua PIA. Jalan santai yang dibuka langsung oleh Komandan Lanud Balikpapan didampingi Ketua PIa Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan, Komandan Satrad 223 Balikpapan, Ketua IKKT Satrad 223 serta Kadispers Lanud Balikpapan, yang diikuti oleh seluruh anggota Lanud Balikpapan , anggota Satrad 223 Balikpapan dengan route keliling komplek Pangkalan TNI-AU Balikpapan dan Satrad 223 Balikpapan dan Finish dilapangan apel Lanud Balikpapan, selesai jalan santai dilanjutkan dengan pembagian dorfres yang sudah disiapkan oleh panitia. Hadiah utama satu buah sepeda yang dimenangkan oleh ibu Taufik Nurrahmat bapaknya anggota operasi Lanud Balikpapan, dan acara diakhiri dengan foto bersama ibu-ibu PIA dan Komandan Lanud Balikpapan.

PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1436 H / 2014 M DI LANUD BALIKPAPAN

Peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah adalah sebuah peristiwa besar dan sangat bersejarah bagi kehidupan dan peradaban umat manusia, khususnya bagi umat islam di seluruh dunia. Peristiwa tersebut memperlihatkan keuletan, ketangguhan, keyakinan dan ketakwaan Nabi Muhammad SAW dalam mengemban tugas dakwah islamiyah. Demikian sambutan yang disampaikan Danlanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budisantoso M.M. pada acara peringatan Tahun Baru Islam I Muharram 1436/H 2014 M, yang dilaksanakan di masjid Al-Amin Lanud Balikpapan, Juma’at (24/10).
Lebih lanjut Danlanud menyampaikan bahwa Peringatan Tahun Baru Islam ini tentunya tidak kita laksanakan hanya sekedar mengikuti kebiasaan saja, akan tetapi sebagai salah satu wahana untuk dapat lebih memahami dan menghayati maknanya bagi kehidupan kita dimasa kini maupun masa yang akan datang, baik selaku insan hamba tuhan maupun selaku insan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan memahami hikmah tahun baru hijriah ini hendaknya semakin mempertebal iman, taqwa, dan disiplin dalam upaya meningkatkan kinerja dan profesionalisme untuk menghadapi tugas-tugas masa depan yang semakin berat. Untuk itu Danlanud mengharapkan kepada seluruh umat muslim, khususnya warga Lanud Balikpapan agar menjadikan Tahun Baru Hijriah ini sebagai momentum dalam melakukan evaluasi dan instropeksi guna melakukan perbaikan diri untuk menuju ke arah yang lebih baik lagi.
Pada peringatan Tahun Baru Islam I Muharram 1436 H/2014 M kali ini, Lanud Balikpapan mengundang 2 penceramah antara lain ustadz Drs. K.H sartono dan ustad Khoirul Huda L.C. Pada ceramahnya, ke dua ustadz mengatakan bahwa 1 Muharram adalah hari bersejarah yang sangat penting bagi umat Islam, yaitu peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah yang waktu itu masih bernama Yasrib dan merupakan awal peralihan dari jaman yang penuh dengan kekacauan dan perselisihan menuju jaman yang lebih baik serta penuh dengan kedamaian. Dan dengan momentum peringatan kali ini, di harapkan ke depannya umat islam semakin meningkat keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT, dengan mencontoh suri teladan yang telah diberikan junjungan Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya.
Acara peringatan diawali dengan pembacaan ayat suci al-quran oleh ustad Fathul Karim dan saritilawah oleh serda Rysania anggota dinas operasi. Turut hadir Komandan Satrad 223 Balikpapan, G.M angkasapura Cabang Balikpapan, Para kepala Dinas Lanud Balikpapan dan segenap warga Lanud Balikpapan serta masyarakat sekitar.

LANUD BALIKPAPAN OLAHRAGA BERSAMA DENGAN SATRAD 223 BALIKPAPAN

Untuk memupuk kebersamaan dan silahturahmi sangat diperlukan dalam keluarga, masyarakat, maupun dalam kedinasan. Itulah yang ditunjukkan oleh Lanud Balikpapan dan Satrad 223 Balikpapan, setiap satu bulan sekali melaksanakan olahraga bersama diLapangan apel Lanud Balikpapan, Jum’at ( 24/10 ).
Menurut Komandan Pangkalan TNI AU Balikpapan, Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, yang diwakili Kepala Dinas Personel Lanud Balikpapan Letkol.Adm Drs.Moeculisin.M.Si, mengatakan olahraga bersama ini bertujuan untuk saling silahturahmi dan menambah ikatan silaturahmi diantara anggota Satrad 223 Balikpapan dan anggota Lanud Balikpapan dan mempererat komunikasi serta juga keluarga besar TNI AU di Balikpapan. Hadir pada olahraga bersama, pejabat Lanud Balikpapan, Dansatrad 223 Balikpapan, anggota Lanud Balikpapan, anggota Satrad 223, serta Ibu-Ibu PIA Ardhya Garini Cabang 11/D.II Lanud Balikpapan, dan Ibu-Ibu IKKT Satrad 223 Balikpapan.
Acara olahraga bersama dimulai dengan apel bersama, dilanjutkan dengan pemanasan dan senam aerobic, setelah senam aerobic langsung melaksanakan olahraga umum, bola volly, sepak bola serta tenis lapangan, semuanya dilaksanakan secara bergembira. Komandan Lanud Balikpapan dan Dansatrad 223 Balikpapan berharap olahraga bersama ini tetap dilaksanakan jangan terputus sesibuk apapun karena selain bersilahturahmi, kita juga sambil menghilangkan kejenuhan dan setres didalam melaksanakan kegiatan dinas sehari-hari serta untuk menjalin persatuan dan kesatuan untuk kemajuan TNI Angkatan Udara khususnya di Kota Balikpapan.

CERAMAH SOSIALISASI HUKUM DI LANUD BALIKPAPAN

Tim sosialisasi dari Dinas Hukum Angkatan Udara (DISKUMAU) mengadakan ceramah sosialisasi hukum, yang diikuti oleh personel Lanud Balikpapan dan Satrad 223 Balikpapan di Gedung Serbaguna Lanud Balikpapan, Kamis ( 23/10).
Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso,M.M, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Operasi Lanud Balikpapan Letkol Lek Tribudyanto mengatakan bahwa dalam menyikapi masih banyaknya pelanggaran hukum yang dilakukan oleh personel TNI AU baik yang dilakukan di dalam kedinasan maupun didalam lingkungan keluarga dan masyarakat, sehingga dampaknya dapat merugikan dirinya sendiri, keluarga maupun satuan kerja. Untuk itu sebagai salah satu upaya meminimalisir terjadinya pelanggaran hukum, kesadaran dan kepatuhan terhadap norma hukum, Danlanud Balkpapan berharap kepada personel Lanud Balikpapan, dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya serta memperhatikan dan mengikuti dengan penuh kesungguhan,tentang ceramah sosialisasi hukum yang disampaikan tim dari Diskumau.
Sementara itu dalam sosialisasinya tim yang diketuai oleh Letkol.Sus Bambang Widarto,S.H.M.H, PS.Kasubdiskumdira, menyampaikan empat materi ceramah, diantaranya tentang Ceramah pertama, hukum Udara dan Dirgantara, disampaikan oleh Letkol.Sus Bambang Widarto,S.H, M.H, kedua tentang Bankum yang disampaikan oleh Letkol.Sus Bambang,S.S.H, ketiga hukum Dargakkum oleh Mayor.Sus Yohanes,AS.S.H, dan Materi keempat hukum perundang-undangan oleh Mayor.Sus Bambang P.Putra,S.H,M.H, tentang kasus-kasus yang menonjol yang terjadi menurut peringkat diantaranya kasus disersi/mangkir diurutan pertama, kasus narkoba menempati urutan kedua, kasus asusila urutan ketiga dan urutan terakhir yaitu kasus KDRT. Selesai ceramah sosialisai hukum Ketua Tim menyerahkan buku-buku tentang hukum ruang Angkasa, buku perundang-undangan serta buku Konverensi Jenewa 1994 diserahkan langsung kepada Kadisops Lanud Balikpapan.

GAKTIB DALAM RANGKA HUT POMAU KE-68 DI LANUD BALIKPAPAN

Dalam rangka menertibkan dan meningkatkan kedisiplinan anggota memang harus dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan, karena hanya dengan cara itulah, maka langkah antisipatif dalam rangka menekan angka pelanggaran disiplin maupun hukum dapat secara dini dilakukan. Sehubungan hal tersebut Komandan Satpomau Lanud Balikpapan Mayor Pom Karyanto, melaksanakan Penegakan Ketertiban (Gaktib) terhadap personel Lanud Balikpapan dan Satrad 223, serta masyarakat sekitar lanud Balikpapan, Rabu (22/10).
Dalam pemeriksaan tersebut, selain memeriksa kelengkapan identitas diri anggota Lanud Balikpapan , berupa Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Pegenal (KTP) termasuk kelengkapan berkendaraan berupa SIM dan STNK, juga kondisi fisik kendaraan seperti kaca spion, lampu sen dan lain-lainnya.
Menurut Komandan Satpomau Lanud Balikpapan, Mayor Pom Karyanto, Gaktib dilaksanakan selain dalam rangka HUT ke-68 POMAU juga untuk mengurangi pelanggaran hukum, baik yang dilakukan militer, ataupun PNS yang bertugas di Lanud Balikpapan , sekaligus juga untuk mengetahui tingkat kedisiplinan anggota, sehingga diharapkan sikap disiplin dapat dijiwai dan diaplikasikan didalam pelaksanaan tugas sehari-hari serta diharapkan tidak ada satpun personel Lanud Balikpapan yang melanggar hukum. Gabtib harus terus menerus dilakukan karena kedisiplinan berlalu lintas dan melengkapi diri dengan surat identitas menjadi hal yang wajib dipenuhi bagi setiap anggota Lanud Balikpapan, sehingga nantinya bisa menjadi teladan bagi lingkungan sekitarnya, ujarnya.

WARGA LANUD BALIKPAPAN HARDIRI SHOLAT ISTIQA

Warga Muslim Lanud Balikpapan , Kamis (16/10), menghadiri Acara sholat Istiqa yang digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Balikpapan, acara tersebut dilaksanakan dilapangan merdeka kota Balikpapan dan dihadiri Wakil Gubernur Kaltim , Walikota Balikpapan Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Ir Tri Bowo Budi Santoso M.M , sejumlah Pejabat TNI, POLRI, Ketua MUI kota Balikpapan, tokoh masyarakat, Muspida kota Balikpapan, serta masyarakat Muslim dan anak-anak sekolah dilingkungan kota Balikpapan.
Acara diawali dengan sambutan Walikota Balikpapan H. Rizal Efendi S.E dalam sambutannya Menyampaikan di selengarakannya sholat Istiqa ini berdasarkan pertimbangan bahwa hingga saat ini di Kota Balikpapan dan sekitarnya belum tercurah hujan, sehingga berdampak kekeringan dimana-mana dan kondisi penampungan air di beberapa tempat penampungan semakin menyusut.. Dengan kondisi kekurangan air tersebut.walikota Balikpapan mengingatkan agar masyarakat utuk mepergunakan air bersih dengan sebaik-baiknya.
Setelah pelaksanaan sholat istiqa dilanjutkan, siraman rohani oleh K.H.Sarwani Syukur dan diakhiri dengan doa bersama . Dalam tausiyahnya penceramah mengulas tentang Sholat Istiqa (Sholat Minta Hujan) adalah sholat dua rakaat yang dikerjakan untuk memohon hujan. Secara Harfiah, “istisqa’” bermaksud meminta siraman air dengan berdoa dan ikhtiar, umat Islam sangat dianjurkan untuk melakukan doa dan shalat istisqa. Umat Islam juga diperintahkan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan (melaksanakan amal ma’ruf dan mencegah kemungkaran). Menurutnya, tugas manusia dalam hidup sebenarnya hanya dua, yakni doa dan ikhtiar. Doa untuk memohon petunjuk dan pertolongan Allah SWT, agar mampu menjalani hidup dengan benar dan diridhai-Nya, serta ikhtiar atau berusaha seoptimal mungkin sesuai dengan tuntunan-Nya.

Most Viewed