Ada peribahasa mengatakan kebersihan pangkal kesehatan. Peribahasa ini seharusnya benar-benar dilaksanakan tidak hanya sekedar slogan saja. Bahkan oleh karena itu, sejak kecil, kita telah diajarkan dengan peribahasa ini yang bertujuan untuk menanamkan kebiasaan hidup bersih. Dilihat dari segi agamapun kebersihan merupakan sebagian dari cermin keimanan seseorang.

Jika sudah terbiasa hidup bersih maka hal ini akan senantiasa dibawa sampai kedepannya. hal inilah yang ingin diterapkan Lanud Balikpapan sebagai bentuk kepedulian akan kesehatan dan kebersihan. Bertempat di depan mako komandan menyerahkan alat-alat kebersihan yang dilakukan secara simbolis.

Tujuan dari pembagian alat kebersihan sesuai dengan program yang dicanangkan Komandan Lanud Balikpapan yang akan melaksanakan lomba kebersihan setiap empat bulan sekali. Yang menjadi peserta lomba seluruh perumahan warga Lanud Balikpapan termasuk juga mess yang ada di Lanud Balikpapan.

Untuk tim penilainya dari Komandan Lanud Balikpapan sendiri dengan para Pejabat Lanud Balikpapan. Kriteria penilaian sendiri dibagi dalam beberapa kelompok yang meliputi keindahan, kebersihan lingkungan, keamanan dan juga yang terutama dilihat dari segi kesehatan.