Bertempat di depan Hotel Santika, sebanyak 70 personel Lanud Balikpapan dengan disertai komandan lanud Balikpapan Letkol Pnb Riva Yanto, S.T, M.Sc turut berpartisipasi dalam acara lari sejauh 10 kilometer. Sebelum kejuaraan lari 10 K dilaksanaan terlebih dahulu diawali senam peregangan yang dipimpin oleh anggota Jasmani (Jasdam) VI/Mlw dengan harapan nanti pada saat pelaksanaan lari tidak terjadi cedera maupun kram yang dialami oleh para peserta lari dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Begitu bendera start dikibarkan oleh Pangdam VI/Mlw tepat pada pukul 07.00 Wita maka secara serentak seluruh peserta lomba lari 10 K yang digelar dalam rangka HUT TNI ke-65 secara bersama-sama melaksanakan lari dengan mengerahkan segenap kemampuan yang dimiliki oleh para peserta lari.

Kejuaraan lomba lari 10 K ini mulai start dari Halaman depan Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan dan finish di Halaman Makodam VI/Mlw yang diikuti oleh sebanyak + 7.500 peserta, sehingga untuk pelaksanaan kejuaraan lari yang digelar di Balikpapan ini telah berhasil memenuhi target rekor yang ingin di raih yakni 5.000 peserta. Kalau masing-masing Kodam tercatat 5 ribu pesertanya, maka sudah bisa memecahkan rekor Muri yang sebelumnya tercatat 50 ribu peserta.

Kejuaraan lomba lari 10 K ini juga sebagai ajang mencari bibit-bibit atlit lari di kalangan TNI – Polri maupun masyarakat umum, sehingga dengan demikian diharapkan kedepan nantinya akan muncul atlit-atlit lari yang dapat diandalkan, baik di event-event yang berskala Nasional maupun Internasional sekaligus untuk meningkatkan hubungan yang harmonis antara TNI dengan masyarakat dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, serta merupakan keikutsertaan TNI dalam memasyarakatkan olahraga.