DSC_0137Pembinaan Jasmani militer merupakan salah satu fungsi Khusus TNI AU Sesuai peran dan fungsinya menyelenggarakan pembentukan, peningkatan dan pemeliharaan jasmani militer baik perorangan maupun satuan, agar terwujud kesamaptaan jasmani yang diperlukan guna mendukung pelaksanaan tugas. Pembinaan jasmani prajurit harus terus dilakukan secara rutin agar terus terbina dan terpeliharanya kondisi badan fisik dan ketahanan mental yang kuat.

Menyadari hal tersebut di atas Lanud Balikpapan  melaksanakan Latihan Samapta bagi prajurit yang akan mengikuti seleksi Pendidikan. Adapun yang mengikuti Latihan Samapta ini sekitar 32 orang prajurit yang berpangkat perwira, Bintara, Dan Tamtama. Bertempat di Lapangan Mako Lanud Jumat (3/2). Mereka melaksanakan samapta A dan samapta B, yang mencakup lari 2400 m dan samapta B seperti pull up, sit up, push up dan shuttle run. Kegiatan samapta ini guna menunjang untuk menghadapi seleksi pendidikan.

Kegiatan samapta ini bertujuan untuk menilai kemampuan awal atau kekuatan fisik perorangan dan kekurangannya, prajurit yang akan mengikuti seleksi pendidikan  tersebut tau akan kekurangannya sehingga mereka dapat membina fisiknya mulai dari sekarang. Bukan hanya pembinaan fisik saja yang mereka harus bina, yang paling penting prajurit juga harus menjaga kesehatanya percuma saja apabila fisik bagus tetapi kesehatannya terganggu.

Di sela-sela kegiatan ini Kepala Dinas Personil  Letkol Adm L. Yohanes Wain mewakili Dan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Yani Ajat Hermawan menyampaikan dan memberi beberapa penekanan kepada prajurit yang akan mengikuti seleksi pendidikan agar belajar terus dan melakukan pembinaan fisik dari sekarang dan jaga faktor kesehatan diri masing-masing sehingga nanti pada waktu mengikuti seleksi pendidikan prajurit sudah siap, Danlanud Balikpapan Kolonel Pnb Yani Ajad Hermawan  mengharapkan prajuritnya yang akan mengikuti seleksi pendidikan  ini mendapat hasil yang baik dan lulus seleksi.

DSC_0098