Pangkalan TNI Angkatan Udara Balikpapan melaksanakan Test Psikologi, bagi personil yang berhak memegang senjata, Kegiatan ini melibatkan Dinas Psikologi Mabesau yang dipimpin oleh Mayor Kes I.gn Utanto  yang sehari-hari menjabat Kasubsi Eval Subdispsipers Dispsiau Mabesau. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Mako Lanud Balikpapan, diikuti oleh seluruh personil POM, Personil  Intel dan anggota Seksi Senjata Lanud Balikpapan  di bawah pengawasan Langsung Komandan Lanud Balikpapan Kolonel  Pnb Yani Ajat Hermawan S, S.Sos. Selasa (14/3).

Dalam penjelasannya, Mayor Kes I.gn Utanto  menerangkan, Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengukur integritas/kepribadian, sikap kerja bagi anggota yang memegang senjata api dari aspek motorik dan emosi sehingga diharapkan dengan hasil test tersebut diketahui personil Lanud Balikpapan yang memenuhi persyaratan memegang senjata api dalam melaksanakan tugas.

Sementara itu Komandan Lanud Balikpapan  Kolonel  Pnb Yani Ajat Hermawan S, S.Sos. mengatakan, Tujuan dari tes psikologi ini untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kepribadian anggota Lanud Balikpapan yang akan menggunakan senjata api, sehingga diketahui layak tidaknya memegang senjata api.

Lebih lanjut Danlanud Balikpapan menyampaikan, Pengawasan penggunaan senjata api inventaris satuan ini dilaksanakan secara berkala dengan melakukan pengecekan fisik senjata api berupa pemeriksaan wujud senjata api, jumlah peluru, dan surat-suratnya, terus menerus secara ketat. “Tes psikologi bagi anggota Lanud Balikpapan   pemegang senjata api tersebut bisa dilakukan setiap tahunnya karena kejiwaan seseorang itu bersifat fluktuatif,” ujar Danlanud Balikpapan.