Bertempat diLapangan Apel Mako Lanud Balikpapan, Puncak peringatan Hari jadi TNI Angkatan Udara ke-71 di Lanud Balikpapan ditandai dengan penyelenggaraan upacara militer, yang dipimpin Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Yani Ajat Hermawan S. ,S.Sos. di ikuti seluruh personil gabungan Lanud Balikpapan dan Satuan Radar 223 Balikpapan. Minggu (9/4).

Dalam sambutannya Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahtjanto yang dibacakan Komandan Lanud Balikpapan menyampaikan, peringatan HUT TNI Angkatan Udara yang ke-71 ini juga perlu kita jadikan sebagai instropeksi, apakah TNI Angkatan Udara saat ini telah mampu memainkan peran, tugas dan fungsinya sebagai  penjaga kedaulatan negara di udara, jujur harus kita akui bahwa, masih banyak ruang yang bisa kita perbaiki agar tugas yang telah diamanahkan negara kepada TNI Angkatan Udara dapat dijalankan sesuai dengan perundang undangan. berangkat dari hal tersebut, sesuai dengan komitmen kita yang dituangkan dalam tema peringatan, yaitu “dilandasi jiwa ksatria, militan, loyal dan professional, tni angkatan udara bersama rakyat siap menjaga kedaulatan dan keutuhan negara kesatuan republik indonesia”. tema tersebut  memiliki dua sudut padang, yaitu untuk  tni angkatan udara sebagai instropeksi dan untuk kesejahteraan rakyat, dengan mendukung terwujudnya tujuan pembangunan nasional.

Selesai melaksanakan upacara dilanjutkan acara tambahan berupa syukuran yang dilaksanakan di Mako Lanud Balikpapan di antaranya  pemotongan tumpeng, penyerahan piala kepada anggota yang mendapatkan juara dalam perlombaan Rumah sehat, serta pemberian Tali Asih kepada personel Lanud Balikpapan yang akan mengakhiri masa dinas/pensiun.