Pangkalan TNI AU Lanud Balikpapan menyelenggarakan Bakti sosial pada Bulan Bakti Dirgantara dalam rangka Hari Bakti Ke-70 TNI Angkatan Udara tahun 2017,  ditandai dengan kegiatan sosial, yaitu donor darah. digelar  di Guest House Lanud Balikpapan, Kamis, (20/7/)

Kegiatan donor darah terselenggara atas kerjasama Rumkit Lanud Balikpapan dengan  Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Balikpapan. Dalam kegiatan tersebut di ikuti prajurit dan PNS Lanud Balikpapan, anggota satrad 223 Balikpapan, pengurus Pia Adhya Garini cabang 11/D/II Lanud Balikpapan dan IKKT Satrad 223 serta beberapa instansi samping diantaranya, personel Kodam VI/ Mulawarman, Lanal Balikpapan, Sat Brimob kaltim, Basarnas dan sejumlah karyawan Angkasa Pura (AP) II Bandara balikpapan serta masyarakat sekitar Lanud.

“Donor darah ini menandai Bulan Bakti ke-70 TNI AU. Selain kegiatan ini, kita juga akan melakukan berbagai aksi-aksi sosial lainnya,” ujar Danlanud Balikpapan, Kolonel Pnb Yani Ajat Hermawan .S. S.Sos.  Kegiatan sosial lain yang akan dilaksanakan  adalah memberikan pengobatan masal di kelurahan manggar Baru balikpapan. “Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari eksistensi TNI AU, khususnya Lanud Balikpapan Kita selalu dekat dengan masyarakat. Lebih lanjut Danlanud mengatakan kegiatan donor darah merupakan kegiatan amal, yang memiliki nilai sosial tinggi.  Sebab, darah yang disumbangkan oleh para pendonor dapat menyelamatkan orang  yang membutuhkan.” Ujar Danlanud

Mayor Kes dr Agus Sukamto Kepala Rumah sakit Lanud Balikpapan selaku  penanggung jawab kegiatan donor darah menuturkan. “ Selain dapat membantu mereka yang sangat membutuhkan transfusi darah, mendonorkan darah juga baik bagi kesehatan pendonor itu sendiri. Hal itu pula yang menjadi pertimbangan bagi Lanud Balikpapan untuk selalu melakukan kegiatan sosial donor darah di setiap peringatan hari-hari besar, termasuk peringatan Hari Bakti ke-70 TNI Angkatan Udara. Donor Darah Kali Ini Lanud Balikpapan berhasil mengumoulkan 85 kantong Darah, yang selanjutnya diserahkan kepada PMI kota Balikpapan.