Perhimpunan Purnawirawan Angkatan Udara (PPAU) Cabang 44 Lanud Balikpapan.  gelar acara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-19 PPAU Minggu. (27/8).  Acara yang rutin dilaksanakan tiap tahun dihadiri segenap keluaga besar PPAU Cabang  Lanud Balikpapan, Danlanud Balikpapan  Kolonel Pnb Yani Ajat Hermawan S S.Sos  dan para pejabat di jajaran Lanud Balikpapan.

Ketua Umum PPAU Marsekal (Purn) Djoko Suyanto dalam sambutannya yang dibacakan Ketua PPAU Cabang 44 Lanud Balikpapan Lettu (Purn)  Sukar  mengatakan akhir-akhir ini muncul pembicaraan tentang Pancasila, diantaranya ada yang menyampaikan bahwa pancasila seolah-olah tenggelam dalam pusaran sejarah masa lalu, yang tidak relevan untuk disertakan dalam dilektika reformasi.

“Pancasila seolah-olah hilang dari memori kolektif bangsa, Pancasila semakin jarang diucapkan, dikutip dan dibahas baik dalam konteks kehidupan ketatanegaraan kebangsaan maupun kemasyarakatan.   Pancasila seperti tersandar disebuah lorong sunyi justru di tengah denyut bangsa Indonesia yang semakin hiruk pikuk dengan demokrasi dan kebebasan berpolitik. Demikian sambutan Ketua PPAU Pusat Marsekal (Purn) Djoko Suyanto

Untuk itu, lanjut Ketum PPAU, perlu adanya reaktualisasi, restorasi dan revitalisasi terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Problema kebangsaan yang saat ini dihadapi semakin komplek baik dalam skala nasional regional maupun global sehingga memerlukan solusi yang terencana dan terarah dengan menjadikan nilai Pancasila sebagai pemandu arah menuju hari Indonesia yang lebih baik.

Sedangkan Danlanud Balikpapan Kolonel Pnb Yani Ajat Hermawan S S.Sos  dalam sambutannya mengatakan bahwa hari ini, dengan rasa syukur dan bahagia, kita kembali  memperingati kelahiran Perhimpunan Purnawirawan Angkatan Udara atau PPAU.  “Bila kita melihat kebelakang, bahwa tujuan didirikan PPAU sebagai wadah silaturahmi bagi para purnawirawan TNI AU.  Sehingga dapat mempersatukan kita semua dan terbebas dari tarikan kekuatan politik yang bergejolak pada waktu itu dengan mewujudkan suasana yang sejuk dan penuh kebersamaan diantara anggotanya,” kata Danlanud.

Danlanud menambahkan dalam usianya yang relatif muda, PPAU telah berkembang dengan pesat, dan secara keorganisasian PPAU telah mampu hadir dihampir seluruh tanah air dimana purnawirawan TNI Angkatan Udara berada.  “PPAU telah dapat berkiprah ditengah-tengah masyarakat sehingga motto Purnawirawan Peduli dapat  direalisasikan bukan hanya peduli kepada para purnawirawan saja tetapi juga peduli kepada dinamika sosial yang sedang berkembang dimasyarakat Indonesia,” ujar Danlanud. Pada acara HUT tahun ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Danlanud Balikpapan diberikan kepada anggota PPAU Pelttu ( Purn)  Sarpan.