Upaya memerangi narkoba, Satuan Polisi Militer Pangkalan Udara (Lanud) Balikpapan  melaksanakan pemeriksaan urine dadakan, Senin  (28/8). Setelah melaksanakan Upacara Bendera  seluruh Anggota Lanud Balikpapan mengikuti kegiatan tersebut.

Maraknya kejadian dan  kasus penemuan  narkoba di wilayah Balikpapan terus meningkat.  Komandan Lanud Balikpapan , Kolonel Pnb, Yani Ajat Hermawan S S.Sos  mengatakan bahwa kegiatan tes urine untuk anggota TNI AU  sebelumnya telah  diprogramkan dalam agenda namun pelaksanaannya selalu diadakan secara dadakan dengan maksud agar hasil pemeriksaan lebih realistis.

“Kalau pelaksanaan tes urine kepada anggota  selalu dadakan dan tanpa kita beritahukan sebelumnya  karena kita ingin  tahu secara realistisnya,” ungkapnya. Dikatakannya juga, bahwa pemeriksaan ini bukanlah untuk menakut-nakuti anggota namun untuk mengantisipasi agar anggota tidak terjerat narkoba. Ia juga mengantisipasi apabila menemukan indikasi-indikasi terhadap anggota yang mungkin terjerat kasus narkoba maka pihaknya sudah mengantisipasi secara dini.

Danlanud  juga menegaskan  bahwa sejauh ini tidak ada anggota Lanud Balikpapan  yang berciri-ciri menggunakan narkoba, namun untuk mengantisipasi zat-zat yang secara kimia kadarnya mungkin ada yang salah mengonsumsi obat yang seharusnya berdasarkan resep dokter namun disalahgunakan maka pihaknya akan menindak tegas kepada yang bersangkutan.

Di lain pihak   Komandan Polisi militer Lanud Balikpapan Mayor Pom  Tamrin   mengatakan, Karena memang penekanan dari pimpinan TNI maupun peraturan dalam pemerintahan khususnya presiden Republik Indonesia bahwa masyarakat memerangi narkoba, bukan hanya di instansi sipil negara tetapi di TNI juga fokus dengan memberikan sanksi berupa pemecatan. Karena tidak ada toleransi bagi anggota yang menggunakan narkoba maupun pengedar agar lebih memberi efek jera sehingga tidak ada lagi hukum militer. “Kedapatan positif langsung kita proses dan hukumannya dipecat tidak ada anggota TNI AU  yang mencoba-coba dengan  narkoba,” sambungnya.