Guna Meningkatkan kecakapan dan ketrampilan serta menambah kemampuan dalam menembak personel Lanud Balikpapan mengikuti latihan menembak yang dilaksanakan di lapangan tembak Lanud Balikpapan, Kamis (7/9). Latihan menembak akan dilaksanakan selama dua hari merupakan pelaksanaan program kerja Seksi Operasi dan Latihan (Opslat) Dinas Operasi (Disops) Lanud Balikpapan.

Pada hari pertama terdapat sekitar 60 personel yang menembak senjata pistol dengan jarak 25 meter. Kapten Lek Nurhidayat Staf Opslat Disops Lanud Balikpapan menyatakan latihan menembak merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki prajurit TNI.  Oleh karena itu, latihan menembak perlu dilaksanakan secara rutin agar profesionalismenya tetap terjaga. Ditambahkan walalupun personel Lanud Balikpapan disibukkan dengan berbagai tugas di satuan, diharapkan dapat menyempatkan diri untuk memelihara kemampuan menembak dengan latihan agar nalurinya juga terasah.

Sebelum latihan dimulai, Kepala  seksi senjata Kapten Tek Suroto memberikan pengarahan kepada para peserta. Diingatkan tentang beberapa hal yang mendasar yaitu keamanan pelaksanaan latihan, prosedur latihan dan teknik dasar menembak. Pengarahan bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada peserta agar senantiasa mengutamakan keamanan dan keselamatan dalam menembak, tidak sembrono “Karena peluru yang digunakan dalam latihan ini adalah peluru sebenarnya atau amunisi tajam, sehingga ketiga hal tersebut sangat penting untuk selalu dilaksanakan.