Naik pangkat merupakan hak bagi setiap prajurit. Namun kenaikan pangkat bagi para Perwira Pertama TNI Angkatan Udara tidaklah berjalan begitu saja, akan tetapi harus melalui pengujian kemampuan yang dimiliki oleh setiap perwira. Oleh karenanya hari ini Lanud Balikpapan melaksanakan ujian Pendidikan Paket Belajar Sendiri (P2BS) bagi 9 orang Perwira Pertama (Pama) untuk persyaratan Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) bulan April 2018, bertempat di ruang Rapat  Lanud Balikpapan, (15/1).

 

Ujian yang disaksikan langsung oleh Petugas dari Disdikau, Mayor Adm Haridinuto ST.,MSS  tersebut dihadiri oleh Komandan Lanud Balikpapan, Kolonel Pnb Muhammad Mujib S.E,. MM dan Kepala Dinas Personel Lanud Balikpapan, Letkol Adm Abdul Wahid Hudu S. Sos. M.T.  ”Ujian P2BS merupakan syarat mutlak yang harus diikuti oleh setiap Perwira Pertama untuk kenaikan pangkat”, ujar Mayor Adm Haridinuto ST.,MSS.

 

Lebih lanjut Mayor Adm Haridinuto ST.,MSS  mengatakan bahwa ujian ini dilaksanakan untuk mengukur wawasan dan pengetahuan para Perwira Pertama dalam memahami dan menguasai Matra Udara. Selain itu harus dikuasai juga materi tentang Ketahanan Nasional, Kejuangan dan Peran TNI. Manajemen, Jukin TNI, Doktrin TNI AU.meliputi Jukin TNI AU antara lain Binpersman, Tugas Staf, Jukminu TNI AU, Manajemen, Kepemimpinan TNI, Struktur Organisasi TNI AU dan Bahasa Inggris.

 

Dengan pelaksanaan ujian P2BS ini diharapkan para Perwira Pertama yang akan naik pangkat mampu melaksanakan tugas-tugasnya dengan lebih baik karena pangkat yang akan disandangnya lebih tinggi dari sebelumnya sehingga tanggung jawabnya pun akan lebih berat. Ujian P2BS ini dijadualkan berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 15 s/d 16 Januari 2018.