Komandan Lanud Balikpapan  Kolonel Pnb Muhammad Mujib SE M.M di dampingi Ketua Pia Ardhya Garini Cab 11/D.IILanud Balikpapan  bersama-sama dengan para Pejabat TNI/Polri, para Pejabat Muspida Balikpapan, dan para undangan lainnya, menghadiri Hari Ulang Tahun ke-121 Kota Balikpapan, di Lapangan Merdeka  dengan Upacara Bendera yang dipimpin oleh H Rizal Efendi  Wali Kota Balikpapan, Sabtu  (10/2).

Para Peserta Upacara yang terdiri dari: gabungan Peleton TNI dan Polri, Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemkot Balikpapan , Ormas, Forum Komunikasi Pemimpin Daerah (Forkompinda), para pelajar SMP dan SMA di Kota Balikpapan  termasuk satu Peleton anggota Lanud Balikpapan  yang dipimpin oleh Letda Sus Destri

 

Upacara parade HUT ke 121 kota Balikpapan tahun ini tampak berbeda. Tamu undangan yang hadir di lapangan Merdeka mengenakan pakaian adat nusantara. Dalam sambutannya, Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi yang menjadi inspektur upacara menekankan bahwa keanekaragaman budaya telah menjadi karakter masyarakat Balikpapan. “Ini merupakan potensi yang hedaknya dapat diberdayakan dalam rangka membangun kota Balikpapan yang lebih maju,” ucap Rizal Effendi saat membaca sambutan. Untuk mewujudkan hal itu, lanjut Rizal, diperlukan semangat kebersamaan dan sikap menerima perbedaan. “Menyadari bahwa setiap warga memiliki hak dan kewajiban serta kedudukan yang setara untuk berkontribusi dalam pembangunan dan menikmati hasilnya,” ucap Rizal.

Rizal juga membeber 87 penghargaan yang diraih sepanjang 2017 lalu, baik yang berskala nasional, regional maupun tingkat provinsi. Sedangkan di awal tahun ini ada 18 panji keberhasilan pembangunan, 9 trofi terbaik kedua dan 6 trofi terbaik ketiga pada peringatan HUT ke 61 Provinsi Kalimantan Timur.

Rizal juga mengingatkan agar warga Balikpapan waspada difteri yang telah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa atau KLB. “Saya imbau masyarakat mengenali gejala difteri karena sangat berbahaya jika terlambat ditangani,” pesannya.

Wali Kota Balikpapan untuk 2 periode ini kembali mengingatkan bahwa 2018 merupakan tahun politik yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim. Rizal berharap masyarakat yang memiliki hak pilih ikut menyukseskan Pilgub Kaltim. “Hendaknya Pilgub Kaltim berjalan tertib dan aman dengan saling menghormati perbedaan aspirasi dalam demokrasi serta menerima siapa pun yang terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim,” harapnya.Di HUT ke 121 kota Balikpapan ini juga diperkenalkan baju Taqwo Bubuhan Balikpapan yang merupakan pengembangan baju Taqwo Kutai. Mengingat kota Balikpapan tidak lepas dari sejarah kerajaan Kutai.” tandasnya.