• Satu Flight pesawat tempur Hawk 100/200 Di bawah pimpinan Komandan Skadron Udara 1 Letkol Pnb Agung Indrajaya, dari Lanud Supadio Pontianak mendarat di Base Ops Lanud Balikpapan, Senin (5/3/2018). Kedatangan Elang Katulistiwa  tersebut dalam rangka Latihan Kilat Cakra B  2018.
  • Latihan pertahanan udara tersebut akan dilaksanakan dari 4 Maret hingga 9 Maret 2018 di wilayah udara Balikpapan, Kalimantan Timur. Hal itu diungkapkan  Asisten Oprasi Kosek Hanudnas II Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho selaku Wasdal latihan.
  • Asops Kosek Hanudnas II mengatakan “Latihan dilaksanakan di Balikpapan? Karena di sini kami ada satuan radar, yang jadi unsur di bawah kami. Juga melibatkan pesawat tempur. Karena ini latihan pertahanan udara, dimana terkait alustsista udara,” ungkapnya.Lebih lanjut, latihan tersebut bertujuan menguji tingkat kesiagaan operasional satuan menghadapi situasi maupun tugas yang diberikan di seluruh jajaran Kosek Hanudnas II Makassar.Tentu dalam rangka menjaga kedaulatan di wilayah udara nasional.
  • Selain itu, ada tujuan edukatif yang didalamnya terdapat unsur penyegaran terhadap personel Kosekhanudnas II dan jajarannya tentang sistem dan mekanisme operasi Pertahanan Udara.Tak lain dilakukan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam proses penyelenggaraan operasi Pertahanan Udara.”Meningkatkan kemampuan komando pengendalian,” katanya.
  • Untuk diketahui, latihan tersebut melibatkan 300 orang personel, mulai dari penerbang dan unsur pendukung. Pihaknya juga melibatkan pesawat, C 130 Hercules dari Skadron Udara 31 Lanud Halim,  Pesawat Boing 737, Heli Superpuma dari skuadron 6 juga diturunkan, berfungsi sebagai stanbye SAR. dilengkapi personel Paskhas,” ungkapnya. “Meski sifatnya latihan, sebenarnya ini co-operasi kami untuk melatih unsur radar, unsur perwira yang berdinas,” tegas nya.